PENGARUH ClTRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELlAN SEPATU CONVERSE ALL STAR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MEDAN)
Citra Merek, Harga, Keputusan PembeIian
Abstract
Pemasar sepatu harus berupaya menarik perhatian konsumen mengingat persaingan produk sepatu. Tergantung pada preferensi pelanggan, setiap merek mempengaruhi keputusan konsumen mengenai produk mana yang akan dipilih. Konsumen kemudian akan mengubah harga yang diberikan berdasarkan merek yang mereka pilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap keputusan pembelian Sepatu Converse. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa administrasi niaga di Politeknik Negeri Medan. Dengan menggunakan metode purposive sampling dan rumus Slovin untuk mendapatkan besar sampel sebanyak 93 responden. Temuan menunjukkan bahwa citra merek dan harga, baik secara parsial atau bersamaan, memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu kets Converse. Berdasarkan temuan penelitian pada nilai R Square, faktor citra merek dan harga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 54,5% dan sisanya sebesar 45,5% tidak diketahui.
Downloads
References
Armstrong, G., & Kotler, P. (2018). Principles Of Marketing. 17th New York
Change, G., Cimino, M., York, N., Alifah, U., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Chinatown, Y., Staff, C., & Change, G. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk lphone Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel lntervening Di Kabupaten Baru. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 3(2), 6.
Darmansah, E. A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Presepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Aplikasi Shope Di Jakarta Timur. Jurnal llmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 18.
Habibulloh, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal (Studi pada Pengguna Produk Sepatu Specs di Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka llmu Grup
lndrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Surabaya: Penerbit Unitomo Press.
Kotler, P., & Kelle. K.l (2016) Marketing Managaement 15th Edition. Pearson Education lnc.
Krisdayanto, l., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, l. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand lmage, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening lndonesia Di Tokopedia. Growth, 20(2), 361-375.
lndrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Pertama).
Pratiwi, E. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sriayu. Prosiding Biema, 385.
Teddy, E. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung. E-Proceeding Of Management, 5423.
Tjiptono (2015) Strategi Pemasaran Edisi 4. Jakarta : Penerbit Andi Uu Merek Nomor 15 Tahun 2001 Pasal 1 Ayat 1.