PENGARUH GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP CINEMA XXI PADA MAHASISWA DI KOTA MEDAN
Gaya Hidup, Harga, Keputusan Pembelian.
Abstract
Bisnis Industri hiburan merupakan bisnis dalam bidang jasa yang menghadirkan beragam pengalaman kepada konsumen, salah satu bisnis hiburan yang sangat terkenal saat ini adalah perfilman. Layar lebar yang menampilkan berbagai film dikenal sebagai bioskop. Cinema XXI merupakan salah satu perusahaan bioskop yang saat ini mempunyai banyak pengunjung dan tersebar di berbagai mall di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli tiket bioskop Cinema XXI di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penetlitia ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan berbagai teknik analisis regresi linier. Penelitian ini memiliki sampel yang berjumlah 96 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa gaya hidup dan harga mempengaruhi keputusan pembelian tiket bioskop. Kepada manajemen Cinema XXI disarankan untuk tetap menjaga pelayanan yang baik kepada pelanggan yang datang ke Cinema XXI, tetap mengunsung konsep modern, memperhatikan harga yang berlaku dengan strategi harga yang lebih ramah untuk pelanggan terkhusus pelajar. Terkait strategi harga, Cinema XXI bisa menawarkan banyak diskon untuk meningkatkan pendapatan dan menarik lebih banyak konsumen, khususnya pelajar yang dapat menjadi target dari strategi harga yang ditetapkan.
Downloads
References
Armstrong, G., dan Kotler, P. (2018). Principles of Marketing (17th New York).PearsonEducation.https://opac.atmaluhur.ac.id/uploaded_files/tempor ary/DigitalCollection/ODljY2E4ODIyODViZjFkODgzNDUxYWZlN WFhZmY2MGE5MDc0ZDVmYw==.pdf
Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Firmansyah, M. Anang. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (Planning and Strategy). Surabaya: Penerbit Qiara Media
Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup
Hasugian, Memori Karina. (2016). Pengaruh Gaya hidup,Harga dan Kelompok Referensi terhadap KeputusanPembelian pada Bioskop The Premiere Studi padaMahasiswa /I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Sumatera Utara.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Surabaya: Penerbit Unitomo Press.
Kamaluddin, Muhajirin. (2018). “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE BIMA)” Jurnal Akrab Juara, Volume 3, Halaman 3.
Nasution, S. Limbong, C. dan Ramadhan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal ECOBISMA, Vol 7, No 1, Halaman 46
Priansa, Junni Donni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Sinaga, Roni S. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pelanggan Party and Gift Jl. Jendral Gatot SubrotoN o . 1 0 M e d a n )
Suhandifo. Try. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian pada Bioskop XXI
Yunita dan Artanti, Yessy (2014). Pengaruh Gaya HidupDan Harga Terhadap Keputusan Pembeli anSepatu Pria Di Kabupaten Mojokerto