ANALISIS USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA WEBSITE KECAMATAN KALIWIRO MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE

  • Amad Ismawan Universitas Sains Al-Qur'an
  • Muslim Hidayat Universitas Sains Al-Qur'an
  • Dimas Prasetyo Utomo Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Website, Use Questionnaire, User Experience, Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning. Satisfaction

Abstract

Layanan publik berbasis web telah menjadi bagian paling penting dalam menunjang keberhasilan suatau Instansi Pemerintah. Pemerintah menyadari bahwa peran website sangat bermanfaat untuk berbagai faktor, seperti memudahkan pengguna dari masyarakat ataupun pemerintah dari berbagai daerah untuk mendapatkan informasi atau layanan yang ada dipemerintah tersebut. Objek penelitian adalah Usability Website Kecamatan Kaliwiro menggunakan Use Questionnaire. Website Kecamatan Kaliwiro sudah berfungsi dengan baik, hanya saja masih terdapat beberapa tampilan menu yang kurang menarik, dan membingungkan bagi pengguna terutama pengguna pemula atau pengguna yang jarang menggunakan website tersebut. Hal itu dapat menyebabkan efisiensi dan efektifitas dalam melakukan pekerjaan bagi pengguna, serta pengguna mengalami perasaan tidak puas sehingga lebih memilih untuk menggunakan cara konversional yang memakan waktu lebih lama. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usability website Kecamatan Kaliwiro untuk mengetahui tingkat kualitas usability dalam user experience sistem dengan menggunakan Use Questionnaire. Use Questionnaire memiliki 4 aspek yaitu usefulness, ease of use, ease of learning, satisfaction setiap aspek memiliki fungsi masing-masing yang akan menghasilkan penilaian kualitas usability website Kecamatan Kaliwiro. Hasil tersebut menjadikan acuan untuk pengembang agar bisa dijadikan bahan untuk mengembangkan website tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, K. R., Az-Zahra, H. M., & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 2742-2750.
Irawan, E. P. (2017). Pemanfaatan website pada aktivitas cyber PR dalam mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 19(2), 163-177.
Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54-60.
Novitasari, L., Hasanah, N., & Sibyan, H. (2021). Analisis Usability Pada Aplikasi Epkh Menggunakan Use Quesionnaire. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(1), 143-153.
Putra, Y. S. M., & Tanamal, R. (2020). Analisis usability menggunakan metode USE Questionnaire pada website Ciputra Enterprise System.
Santoso, J. (2018). Usability user interface dan user experience media pembelajaran kamus Kolok Bengkala Berbasis Android. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 12(2), 174-181.
Yumarlin, M. Z. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, 1(1), 34-43.
Published
2022-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 138 times
PDF downloaded = 88 times