APLIKASI PENENTUAN KELAS BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY PADA PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN SAFINATUNNAJA
Pembagian Kelas, Metode Fuzzy, Pondok Pesantren
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem penentuan kelas berbasis web menggunakan metode Fuzzy pada pondok pesantren al-Qur’an Safinatunnaja yang diharapkan dengan hasil bisa membantu memudahkan pihak pondok dalam menentukan kelas belajar membeca dan menulis Al-Qur’an. Metode logika fuzzy merupakan sebuah cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam ruang output. Logika fuzzy memiliki konsep logika yang mudah dipahami, sangat fleksibel, memiliki toleransi data-data yang tidak tepat, mampu memodelkan fungsi-fungsi non linear yang kompleks, membangun dan menerapkan pengalaman pakar secara langsung, berkerjasama dengan teknik kendali secara konvensional, serta didasarkan pada bahasa alami. Dengan diterapkannya algoritma fuzzy di penelitian ini, selain fleksibel dan toleran, algoritma fuzzy bisa mendapatkan hasil perhitungan nilai penentuan kelas baca tulis Al-Qur’an yang lebih akurat. Dengan hasil ini diharapkan bisa membantu pihak pondok dalam menentukan kelas baca tulis Al-Qur’an.
Downloads
References
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53-70.
Puspita, E. S., & Yulianti, L. (2016). Perancangan sistem peramalan cuaca berbasis logika fuzzy. Jurnal Media Infotama, 12(1).
Setia, B. (2019). Penerapan Logika Fuzzy pada Sistem Cerdas. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 61-66.
Wibowo, D. M. O., Astuti, E. D., & Sibyan, H. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) UNTUK KEAMANAN QR-CODE SEBAGAI DIGITAL SIGNATURE PADA APLIKASI E-SURAT. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(1), 138-142.