PENGARUH PERSEPSI MANFAAT FITUR DISKUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA KONSUMEN TOKOPEDIA
Fitur Diskusi, Persepsi Manfaat, Keputusan Pembelian, Tokopedia
Abstract
Kemudahan dalam membeli barang memiliki keterbatasan dalam menarik informasi produk yang sesuai dengan kebutuhan terutama produk skincare. Hal ini memunculkan sikap keraguan pada konsumen dalam memutuskan pembeliannya. Marketplace Tokopedia memunculkan inovasi dengan adanya sistem baru, yaitu munculnya fitur diskusi Tokopedia. Tokopedia menyediakan forum fitur diskusi sebagai sarana komunikasi secara online antara penjual dan pembeli. Adanya fitur diskusi di Tokopedia memberi kemudahan calon pembeli dalam berinteraksi, bertanya, serta berkonsultasi mengenai produk kepada penjual. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsi manfaat fitur diskusi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tokopedia. Metode yang digunakan berupa metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah para pengguna aktif serta pernah melakukan pembelian produk skincare di aplikasi Tokopedia. Populasi penelitian adalah para konsumen Tokopedia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian dilakukan dangan menggunakan sampel sebanyak 115 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat SPSS dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian setelah dilakukan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara persepsi manfaat fitur diskusi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tokopedia.
Downloads
References
Catherine, C. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Promosi, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Bukalapak (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i STIE Eka Prasetya Medan)
Basyar, K., Jurusan Manajemen, S., & Ekonomi, F. (n.d.). DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. www.jpnn.com
Candra Gunawan, A., & Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Eknomi, F. (n.d.). PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI KOTA PADANG.
Dewi, N., & Jatra, M. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone di kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(2), 248–261.
Dzulqarnain, O. I. (n.d.). PENGARUH FITUR ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE SKRIPSI Diajukan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam mendapatkan gelar Strata Satu (S1) Ilmu Administrasi Bisnis.
Fahreza, M. P., & Siahaan, S. L. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI ESTILO COFFEE. In Panorama Nusantara (Vol. 17, Issue 2). http://ejournal.stein.ac.id/index.php/panorama.
Husein, Y., Isyanto, P., & Romli, A. D. (2021). Pengaruh promosi dan persepsi manfaat terhadap keputusan pembelian aplikasi dompet digital ovo pada mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal for Management Student (JFMS), 1(1), 1-9.
Imam Suhir M, R. S. (2014). PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8, 1–10.
Kemudahan Penggunaan, P., Manfaat, P., Self Efficacy, C., & Kepuasan, D. (n.d.). Agustini Dyah Respati.
Koesoemaningsih, R. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Pendidikan Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi. Media Soerjo, 13(2), 1–21.
Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2022). Penerimaan Aplikasi Video Conference Google Meet Sebagai Alternatif Media E-Learning. Jurnal Infortech, 4(2), 186–189.
Maisaroh, S., & Wibisono, T. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 16–29. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5708
Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2017). SUCI MUETIA DISA 1 , TEUKU MELDI KESUMA 2 1,2). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen (Vol. 2, Issue 1).
Manajerial dan Kewirausahaan, J., Lego, Y., & Korespondensi, P. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN CHATIME DI MALL CIPUTRA, JAKARTA BARAT.
Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica, 4(2), 201–202.
Muharsih, L. (2020). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 5(1), 1–7.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.
Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1).
Pramanawati, F., & Astuti, S. R. T. (2017). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP REPURCHASE DECISION BROWSER MOZILLA FIREFOX DENGAN BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 154–165.
Purnomo, N., & Hidayat, M. N. (2021). Persepsi Manfaat Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Shop:(Studi Kasus Di Universitas Islam Lamongan). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(1), 93–103.
Randang, W. (2013). Kualitas produk, atribut produk dan ekuitas merek pengaruhnya terhadap keputusan pembelian minyak goreng. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).
Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96.
Satya, A., & Irna, C. (2016). Product Attributes and Price on Purchase Decision of Xiaomi Smartphone. TRIKONOMIKA, 15(1), 40–47.
Sekarini, D. M., & Sukresna, I. M. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Nilai Pelanggan Sebagai Intervening (Studi pada Pengguna E-Toll card Tahun 2015 di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 525–537.
Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155–163.
Sugiyono. 2007. STATISTIKA UNTUK PENELITIAN.
Suhir, M., & Imam Suyadi, R. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).
Sutanto, J. E., & Kusuma, H. (n.d.). ATRIBUT PRODUK DALAM PEMILIHAN SARANG BURUNG WALET GOLDEN SWALLOW.
Sutrisno, R., Pengajar, S., Administrasi, J., Politeknik, N., & Bandung, N. (n.d.). PERILAKU KONSUMEN MUSLIM: PERSEPSI RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN BERLABEL HALAL DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM DI BANDUNG MUSLIM CONSUMER BEHAVIOR: THE RELIGIOSITY PERCEPTIONS AND THE PERCEPTIONS OF PRODUCT ATTRIBUTES TOWARD THE LOYALTY LABELED HALAL PRODUCTS AMONG MUSLIM STUDENTS IN BANDUNG.
Widhiaswara, I. A., & Soesanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Gofood di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(2), 114–125.