POTENSI DAN ANALISA USAHA JERAMI PADI MENJADI SEDOTAN SEHAT DAN RAMAH LINGKUNGAN

  • Ryan Sulihtiono Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Karky Indhi Chaedar Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Az Zahra Agni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ziida Arifa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Analisa Usaha, Jerami Padi, Sedotan

Abstract

Kebutuhan masyarakat terus meningkat dan sangatlah beragam seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu kebutuhan masyarakat tersebut adalah kebutuhan sedotan plastik. Penggunaan sedotan plastik di kalangan masyarakat secara terus menerus akan berdampak pada meningkatnya sampah plastik. Oleh karena itu, untuk mengurangi meningkatnya sampah plastik diperlukan berbagai inovasi pengembangan ide kreativitas. Salah satu inovasinya adalah penggunaan jerami padi untuk sedotan. Metode pelaksanaan dalam pembuatan produk SESERAHAN (Sedotan Sehat Ramah Lingkungan) ini dimulai dengan analisis potensi bahan baku, analisis usaha, proses produksi SESERAHAN (Sedotan Sehat Ramah Lingkungan), dan pemasaran produk SESERAHAN (Sedotan Sehat Ramah Lingkungan). Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya produk SESERAHAN (Sedotan Sehat Ramah Lingkungan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim (2002). Integrasi Ternak Sapi Dengan Padi. Departeman Pertanian. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Lingkungan Hidup IndMaterial onesia (SLHI) 2018. Badan Pusat Statistik, 1–224. https://doi.org/3305001.
Fatia, Dara . (2019). Gerakan Tanpa Sedotan: Hindari Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pemikiran dan Penilitian Sosiologi vol 3, No 2.
Fitriah Khoirunnisa, Asep Kadarohman, (2022). Dilema Penggunaan Plastik: Kebutuhan dan Keberlanjutan Lingkungan (Tinjauan Aspek Etika dalam Perspektif Aksiologi). Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 1.
Haryanto, B. (2002). Pemanfaatan Limbah Jerami Pada Untuk Pakan Ternak dan Strategi Pemberian Pakan Sapi Perah. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. UGM. Yogyakarta.
Intan, G. (2018). Selamatkan Lingkungan, Gerakan Tanpa Sedotan Plastik Mulai Nge-Trend di Masyarakat. VOA Indonesia. https://www.voaindonsia.com/a/selamatkan-lingkungan-gerakan-tanpa-sedotan-mulai-nge-trend-di masyarakat/4664637.html
Komar. (1984). Teknologi Pengolahan Jerami Sebagai Makanan Ternak. Yayasan Dian Grahita Indonesia.
Nadlifatin, Reny. (2018). Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sendang Dajah. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa vol 1, no 1.
Oosten, T. Van. (2017, February 13). Preserving Plastic: Challenges in the Conservation of Modern Art Objects. The Age of Plastics: Ingenuity and Responsibility (Proceedings of the 2012 MCI Symposium), 7, 125–139.
Ridho, a. (2016). Dari sampah plastik dengan metode computer. 1(2). 24-27.
Sunaryo, E. Marwan, J. Eko (2020), Analisis Performa dan Karakteristik Emisi Gas Buang Motor Bensin dari Penggunaan Bahan Bakar Campuran Plastic Oil-Pertalite, Jurnal Rotasi vol.22 no.2, Teknik Mesin Universitas Diponegoro; Semarang, hal. 133-141.
Syahada, dkk. (2020). Sosialisasi pengurangan penggunaan sampah plastik di lingkungan sekolah dan masyarakat. No 4(1):122-130.
Utomo, R, S.P.S Budhi dan Sukamto. (1991). Bahan Kering dan Bahan Organik Tercerna In-vitro Silase.
Published
2023-07-27
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 580 times
PDF downloaded = 554 times