PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM

(Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Goods Industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 sampai 2018)

  • Achmad Minhajun Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Guspul Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSIQ
Keywords:
economic value added, profitabilitas, kebijakan dividen, pertumbuhan penjualan, risiko sistematis, harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Economic Value Added (EVA), Profitabilitas (Return on Equity), Kebijakan Dividen (Dividend Payout Ratio), Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Sistematis (Beta Saham) terhadap Harga Saham perusahaan sektor consumer goods industry, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai 2018.
Sampel penelitian ini berjumlah 35 laporan keuangan perusahaan sektor consumer goods industry, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Economic Value Added berpengaruh terhadap Harga Saham, Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, Kebijakan Dividen berpengaruh terhadap Harga Saham, Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, dan Risiko Sistematis berpengaruh terhadap Harga Saham.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cathelia, Nadia dan Sampurno, R. Djoko. 2016. Analisis Pengaruh ROE, DER, TATO, CAPEX Dan NCCR Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Diponegoro Journal of Management Volume 5, Nomor 3, Halaman 1-13.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Gitusudarmo, Agus Indriyo Dan Basri. 2002. Manajemen Keuangan. BPFE: Yogyakarta
Irianti, Tjiptowati Endang. 2008. Pengaruh Kandungan Informasi Arus Kas, Komponen Arus Kas, dan Laba Akuntansi Terhadap Harga dan Return Saham. Ringkasan Tesis Program Studi Magister Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang
Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. BPFE: Yogyakarta. Yogyakarta
Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Kennedy, Azlina, Nur dan Suzana, Anisa Ratna. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Real Estate and Property yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Riau.
Lestari, Puji. 2017. Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan Terhadap Beta Saham Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Kompas 100. Skripsi Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Lestiani, Nia. 2016. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Mutmainah, Kurniawati. 2016. Pengaruh Penilaian Kinerja Dengan Konsep Konvensional dan Konsep Value Based Terhadap Rate of Return Pada Perusahaan yang Tergabung dalam LQ 45. Jurnal Universitas Sains Alquran. Volume 11 No. 1, Januari 2016.
Pratama, Bhagas Adhitya Ardia dan Purwanto, Agus. 2014. Pengaruh Economic Value Added (EVA), Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bei Periode 2011-2013). Diponegoro Journal of Accounting. Volume 3, Nomor 3, Halaman 1-12.
Pribadi, Annisa Indah. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Bank Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.
Raharjo, Daniarto dan Muid, Dul. 2013. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham. Diponegoro Journal of Accounting. Volume 2, Nomor 2, Halaman 1-11.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.
Tandelilin, Eduardus. 2017. Pasar Modal: Manajemen Portofolio dan Investasi. PT. Kanisius: Yogyakarta.
Wiyatno, Agus. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2022-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 214 times
PDF downloaded = 185 times