PENGUJIAN USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BRIMOLA MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE

  • Ari Viyono Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
  • Dian Asmarajati Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
  • Saifu Rohman Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
Keywords:
Usability, User Experience, Aplikasi BRIMOLA, USE Questionnaire

Abstract

Aplikasi BRIMOLA merupakan suatu aplikasi yang digunakan oleh para pangkalan untuk melakukan proses transaksi GAS LPG 3kg dengan agennya. Aplikasi BRIMOLA ini perlu dilakukan pengujian usability tepatnya pada bagian user experience untuk mengetahui tingkat kemanfaatan dari aplikasi BRIMOLA bagi para penggunanya. Sebab usability merupakan hal yang paling mendasar bagi suatu aplikasi apakah aplikasi tersebut memberikan manfaat bagi pengguna, apakah aplikasi tersebut dapat dengan mudah diterima oleh pengguna, dan apakah aplikasi tersebut dapat bertahan lama dipasaran. Dalam pengujian ini penulis menggunakan metode USE Questionnaire untuk melakukan pengujian pada segi usability di aplikasi BRIMOLA. Adapun para responden (user experiencenya) adalah para pangkalan GAS LPG 3kg yang menggunakan aplikasi BRIMOLA dan berdomisili disekitar Kabupaten Wonosobo. Untuk pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang di distribusikan secara langsung kepada para pengguna aplikasi BRIMOLA dan tempat pendistribusian berada di PT. Amanah Mitra Selaras dengan melibatkan 100 responden.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, N. (2020). ANALISIS WEBSITE PANDAWA DENGAN METODE WEBQUAL. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 260-265.
Kusuma, W. A., Noviasari, V., & Marthasari, G. I. (2016). Analisis Usability dalam User Experience pada sistem KRS online UMM menggunakan USE Questionnaire. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 5(4), 294-301.
Novitasari, L., Hasanah, N., & Sibyan, H. (2021). ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI EPKH MENGGUNAKAN USE QUESIONNAIRE. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(1), 143-153.
Rahman, E. S., & Vitalocca, D. (2018). Analisis Usabilitas Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal Mekom, 5(1), 16-22.
Rohman, S. (2021). Analisis Usability Dalam User Experience Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Wonosobo. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, 9(1), 13-18.
Sasongko, A., Jayanti, W. E., & Risdiansyah, D. (2020). USE Questionnaire Untuk Mengukur Daya Guna Sistem Informasi e-Tadkzirah. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(2).
Published
2022-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 210 times
PDF downloaded = 157 times