APLIKASI SISTEM PAKAR PENENTU HUKUM DARAH KEWANITAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

  • Ahmad Zaki Syarof Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Erna Dwi Astuti Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an
  • M. Fuat Asnawi Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Darah Kewanitaan, Sistem Pakar, Forward Chaining

Abstract

Darah kewanitaan merupakan darah yang keluar dari alat reproduksi wanita. Masalah persoalan darah yang keluar dari organ kewanitaan adalah hal yang harus diketahui oleh Muslimah, karena berkaitan erat dengan ibadah sehari-hari. Dalam menentukan jenis darah kewanitaan bukanlah sesuatu hal yang mudah, oleh karena itu diperlukan ahli pakar fiqih kewanitaan untuk menganalisa berbagai persoalan yang ada terkait darah kewanitaan tersebut. Tetapi pada saat ini tidak banyak orang yang ahli dan kompeten dalam hal tersebut, maka dirancanglah suatu sistem kecerdasan buatan. Salah satu bagian dari kecerdasan buatan adalah sistem pakar yaitu program komputer yang dirancang dapat meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Banyak metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pakar salah satunya adalah forward chaining. Pada metode tersebut pencocokan dimulai dari fakta terlebih dahulu untuk menguji kebenaran hipotesis. Dalam penelitian ini dibangunlah aplikasi sistem pakar yang dapat menyelesaikan problematika tentang darah kewanitaan dengan menggunakan metode Forward Chaining dengan harapan dapat membantu kaum wanita yang belum paham ilmu fiqih tentang darah kewanitaan agar dapat menyelesaikan permasalahan penentuan jenis darah kewanitaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkaf, A. 2017. Fiqih Empat Mazhab. Bandung: Hasyimi.
ANDI NURKHOLIS, A. N. (2017). SISTEM PAKAR PENYAKIT LAMBUNG MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang).
Azha, A. 2016. Fiqh Haidl & Istihadloh. Kediri: Santri Creative Press.
Russari, I. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal Menggunakan Teorema Bayes. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 3(1).
Sugiharni, G. A. D., & Divayana, D. G. H. (2017). Pemanfaatan Metode Forward Chaining Dalam Pengembangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Televisi Berwarna. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 20-29.
Supartha, I. K. D. G., & Sari, I. N. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Pada Sapi Bali dengan Menggunakan MetodeForward chaining dan Certainty Factor. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 3(3), 110-117.
Published
2022-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 204 times
PDF downloaded = 195 times