IMPLEMENTASI ALGORITMA NAÏVE BAYES PADA APLIKASI PREDIKSI PERTUMBUHAN PENDUDUK TAHUNAN DI KABUPATEN WONOSOBO

  • Fajar Romadhon Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
  • Adi Suwondo Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
  • Hidayatus Sibyan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
Keywords:
Pertumbuhan penduduk, naïve bayes, sistem berbasis web.

Abstract

Pertumbuhan penduduk merupakan sesuatu yang terus terjadi mengiringi kehidupan manusia. Pentingnya pertumbuhan penduduk dapat dilihat dari adanya badan khusus seperti BKKBN dan BPS yang secara rutin mengadakan pendataan secara langsung ke tengah masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan melakukan prediksi pertumbuhan penduduk dengan menggunakan algoritma naïve bayes yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi web. Perancangan dilakukan dengan menggunakan diagram-diagram UML kemudian diimplementasikan menggunakan Bahasa pemrograman PHP yang didukung dengan MySql untuk mengelola database. Untuk kebutuhan informasi dilakukan pengumpulan data dengan metode observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan sitem prediksi pertumbuhan penduduk tahunan di Kabupaten Wonosobo berbasis web yang dapat membantu pihak yang berkepentingan untuk menyediakan perkiraan jumlah penduduk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Wonosobo. (2012). Wonosobo dalam Angka 2012. Wonosobo. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo.
BPS Wonosobo. (2013). Wonosobo dalam Angka 2013. Wonosobo. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo.
BPS Wonosobo. (2014). Wonosobo dalam Angka 2014. Wonosobo. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo.
BPS Wonosobo. (2019). Kabupaten Wonosobo dalam Angka 2019. Wonosobo. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo.
DISKOMINFO Wonosobo. (2018). Indikator Statistik Pembangunan Daerah Kabupaten Wonosobo 2018. Wonosobo. DISKOMINFO Kabupaten Wonosobo.
Idris, M. (2019). Implementasi Data Mining Dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Memprediksi Angka Kelahiran. Jurnal Pelita Informatika, Volume 7, Nomor 3.
Parihah, N. I., Hartini, S., & Siregar, J. (2020). Prediksi Angka Kelahiran Bayi Pada Desa Tridaya Sakti Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Journal of Students ‘Research in Computer Science, 1(2).
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, October, 1-5.
Published
2022-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 204 times
PDF downloaded = 207 times