SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KAMBING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA FORWARD CHAINING

  • Wahid Ardianto Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Adi Suwondo Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nulngafan Nulngafan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Penyakit Pada Kambing, Forward Chaining, Sistem Pakar

Abstract

Pemeriksaan penyakit pada kambing tidak dilakukan secara berkala oleh peternak, apalagi jika peternak masih awam dalam beternak kambing, sehingga membuat kambing mudah terserang penyakit. Hal ini membuat peternak kesulitan dalam penanganan dikarenakan terbatasnya pengetahuan. Proses diagnosa penyakit pada kambing harus dilakukan oleh seorang ahli penyakit kambing karena antara jenis penyakit dengan gejalanya memiliki ketidakpastian. Berdasarkan uraian tersebut, disini penulis membuat sistem pakar yang mampu mendiagnosis penyakit kambing sebagaimana dilakukan oleh seorang pakar atau ahli penyakit kambing.

Untuk membantu peternak kambing mengetahui penyakit pada kambing ternaknya diperlukan sistem pakar diagnosa penyakit pada kambing. Pada penelitian ini algoritma yang digunakan adalah algoritma forward chaining untuk menganalisa penyakit pada kambing berdasarkan gejala-gejala yang dialami kambing. Berdasarkan hasil uji black box sistem pakar diagnosa penyakit kambing ini sudah berfungsi dengan baik dan sesuai dengan basis perancangan yang dibuat. Sedangkan berdasarkan pengujian langsung ke pengguna sistem ini memperoleh nilai 81,23 % . Dari pengujian yang dilakukan oleh Bapak Sudarsono selaku mantri hewan sistem pakar diagnosa penyakit pada kambing ini dapat digunakan oleh para pemilik ternak untuk mendiagnosa penyakit pada kambing khususnya dikelompok tani mulyo desa mergolangu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahda, F. A., Sari, G. N., & Farokhah, L. (2020). Sistem Pakar Penentuan Kualitas Garam di Desa Sedayulawas Kabupaten Lamongan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(1), 41.
Apriliya, I., & Wahyuni, I. (2017). Sistem Diagnosis Penyakit pada Kambing Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 11(2), 113.
Arhami, Muhammad. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Ongko, E. (2014). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Balita. Jurnal Time, II(1), 1–5.
Rosa & M. Shalahudin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 263 times
PDF downloaded = 295 times