ANALISIS USABILITY DENGAN METODE USE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI MYINDIHOME

  • Ro’uf Hidayat Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • M. Fuat Asnawi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Saifu Rohman Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Aplikasi myIndiHome, Usability, USE Questionnaire, SPSS

Abstract

Aplikasi myIndi​​Home memungkinkan pengguna mengakses fungsi layanan IndiHome dengan mudah. Namun dalam penggunaan serta informasi pada aplikasi tersebut masih terdapat permasalahan. Untuk mengetahui sejauh mana aplikasi myindihome dapat digunakan pengguna untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif, efisien dan pengguna menjadi puas dalam kontek penggunaan, maka perlu dilakukan  pengukuran usability dari aplikasi tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usability pada aplikasi myIndiHome bagi pelanggan IndiHome di Kabupaten Banjarnegara dengan metode USE Questionnaire. yang meliputi aspek Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction pada aplikasi myIndiHome dengan bantuan SPSS dan Microsoft Excel untuk menghitung data yang dikumpulkan berdasarkan setiap aspek. Hasil dari penelitian didapatkan nilai aspek Usefulness 78,70%, Ease of Use 68,48%, Ease of Learning 78,49%, dan Satisfaction 75,63%. Tingkat Usability pada aplikasi myIndiHome bagi pengguna IndiHome di Kabupaten Banjarnegara mendapatkan nilai 74,21% dalam kategori kelayakan bermanfaat. Dari 4 variabel diketahui variabel ease of use (Kemudahan penggunaan) mendapatkan nilai terendah dari empat variabel sehingga peneliti meberikan saran agar lebih meningkatkan aspek terkait kemudahan penggunaan pada aplikasi myIndiHome

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, C. F. (2019). Pengaruh Performance Expectancy Dan Social Influence Terhadap Behavioral Intention Di Aplikasi Hijabenka. Agora, 7(2).
Kusnadi, Y. (2016). PENGARUH PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 18(2), 89-101.
Lubis, B. O., Salim, A., & Jefi, J. (2020). Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Saintekom, 10(1), 65-76.
Putra, Y. S. M., & Tanamal, R. (2020). Analisis Usability Menggunakan Metode USE Questionnaire Pada Website Ciputra Enterprise System.
Retnoningsih, E., & Fauziah, N. F. (2019). Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire. BINA INSANI ICT JOURNAL, 6(2), 95-106.
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 422 times
PDF downloaded = 453 times