PENERAPAN METODE NIELSEN MODEL DALAM USABILITY TESTING PADA WEB PORTAL DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN WONOSOBO

  • Anisa Afti Agustina Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Dian Asmarajati Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nur Hasanah Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Keywords:
Usability Testing Nielsen Model, Learnability, Memorability, Efficiency, Errors, Satisfaction.

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo merupakan instansi yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup dan beberapa urusan kehutanan yang menjadi kewenangan daerah. Pengukuran website menggunakan metode usability testing Model Nielsen dilakukan untuk memahami betapa mudah dan bermanfaatnya informasi yang disajikan dan juga meningkatkan jumlah pengunjung pada website Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo. Mengenai seberapa mudah pengguna menggunakan web, berapa banyak kesalahan yang ditemukan pengguna, seberapa efisien dan efektif ketika pengguna menggunakan situs web, seberapa banyak pengguna mengingat ketika menggunakannya kembali dalam beberapa minggu, dan apakah pengguna merasa nyaman saat menggunakannya. situs web. Peneliti menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam pengujian ini dengan mengacu pada karakteristik learnability, memoryability, efficiency, error, dan satisfaction. Dimana dari masing-masing karakteristik persentase keterpelajaran sebesar 68,31%, daya ingat 70,22%, efisiensi 70,69%, kesalahan 60,96%, dan kepuasan 68,24%. Dari total rekap diperoleh 68,50% atau berada pada kriteria setuju/baik. Oleh karena itu, diharapkan nantinya dapat menjadi rekomendasi atau perbaikan website untuk kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87-97.
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Nulngafan, N., & Sibyan, H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Usability pada Website RSUD Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 3(1), 49-54.
Riyadi, N. R. (2019). Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile Myumm Students. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 226-232.
Wahid, A. A. (2019). Analisis Usability pada Aplikasi MyTelkomsel Berdasarkan Nielsen Model.
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 351 times
PDF downloaded = 465 times