ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI EPKH MENGGUNAKAN USE QUESIONNAIRE

  • Lena Novitasari Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nur Hasanah Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, UNSIQ
  • Hidayatus Sibyan Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, UNSIQ
Keywords:
usability, user experience, use questionnaire, aplikasi EPKH

Abstract

Sistem Aplikasi EPKH adalah sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementrian republic Indonesia, system aplikasi ini berbasis WEB. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pendamping Program Keluarga Harapan dalam melakukan pemutakհiran data Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan. Tujuan dari penelitian ini adalaհ untuk mengetahui hasil dari, Usability dari user experience pada aplikasi E-PKH dengan menggunakan Use Quesionnaire.

Hasil analisis pada aspek usefull menghasilkan presentase 89,06% yang masuk dalam kategori sangat setuju terhadap kegunaan Aplikasi EPKH. Hasil analisis pada aspek Ease of Use menghasilkan presentase 73,3% yang masuk dalam kategori setuju terhadap kegunaan dari  penggunaan Aplikasi EPKH. Hasil analisis pada aspek Easy of   Learning menghasilkan presentase sebanyak 88,44% yang masuk dalam kategori sangat setuju terhadap kemudahan mempelajari penggunaan dari Aplikasi EPKH. Hasil analisis pada aspek satisfaction mengahsilkan presentase sebanyak 80, 18% yang masuk dalam kategori sangat setuju terhadap kepuasan dari Aplikasi EPKH.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N., Pradana, D. S., & Suharso, W. (2020). Evaluasi Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Malang Ditinjau Dari Aspek Usability. Jurnal Repositor, 2(12), 1689.
Marthasari, G. I., & Hayatin, N. (2017, November). Analisis Usability Terhadap Sistem Lective Gegulang Berbasis USE Questionnaire. In Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa) (No. 3).
Rahman, E. S., & Vitalocca, D. (2019). Analisis Usabilitas Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 5(1), 16-22.
Rohman, S. (2021). Analisis Usability Dalam User Experience Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Wonosobo. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, 9(1), 13-18.
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1).
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 264 times
PDF downloaded = 180 times