IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) UNTUK KEAMANAN QR-CODE SEBAGAI DIGITAL SIGNATURE PADA APLIKASI E-SURAT

  • Dhika Maulana Okto Wibowo Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Erna Dwi Astuti Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNSIQ
  • Hidayatus Sibyan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNSIQ
Keywords:
surat, keamanan, keaslian, algoritma aes, qr-code

Abstract

Proses Surat Menyurat pada Fakultas Ekonomi (FE) UNSIQ masih diketik melalui Ms. Word. Banyaknya tahapan yang dilakukan dalam membuat surat menjadikan waktu yang dibutuhkan cukup banyak selain itu keamanan surat juga tidak dapat dijamin. Hal ini akan mengurangi kinerja dan efisiensi pada proses administrasi di Fakultas Ekonomi UNSIQ. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi  Sistem e-Surat (SERAT) FE UNSIQ yang di dalamnya sudah diimplementasikan Algoritma AES untuk mempercepat kinerja pembuatan surat dan menjamin keasliannya. Implementasi Algoritma AES dimasukkan ke dalam URL pengecekan surat yang dikonversi menjadi QR-Code agar mudah dipindai. Penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pembuatan surat di Fakultas Ekonomi UNSIQ dan menjamin keaslian surat yang dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

El Rahma, R., Asmarajati, D., Hasanah, N., & Sibyan, H. (2021). PENENTUAN KONKLUSI NOTIFIKASI PADA CHATBOT RESERVASI WISATA DENGAN METODE FORWARD CHAINING. Device, 11(1), 19-24.
Muharram, F., Aziz, H., & Manga, A. R. (2018, September). Analisis Algoritma pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard (AES). In Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol. 3, No. 2, pp. 112-115).
Hasibuan, A. M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Keamanan Data Menggunakan Metode AES Pada Smartphone. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 2(1), 29-35.
Prameshwari, A., & Sastra, N. P. (2018). Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen. Jurnal Eksplora Informatika, 8(1), 52-58.
Permana, A. A., & Nurnaningsih, D. (2018). Rancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Algoritma Advanced Encyption Standard (AES). Jurnal Teknik Informatika, 11(2), 177-186.
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 163 times
PDF downloaded = 132 times