BYSTANDER EFFECT, WHISTLEBLOWING SYSTEM, INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN KOMPETENSI APARATUR DALAM PENCEGAHAN FRAUD DANA DESA

  • Anisa Kiromil Wakhidah Universitas Sains Al Quran (UNSIQ)
  • Kurniawati Mutmainah
Keywords:
Fraud, Bystander Effect, Whistleblowing System, Internal Locus of Control, Kompetensi aparatur.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bystander effect, whistleblowing system, internal locus of control, dan kompetensi aparatur  terhadap pencegahan fraud  dalam pengelolaan dana desa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perangkat desa di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah aparatur di 40 desa di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Responden yang dipilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kepala desa dan bendahara desa sehingga diperoleh  jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics v.23.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bystander effect berpengaruh negatif terhadap pencegahan fraud dana desa, sedangkan whistleblowing system, internal locus of control  dan kompetensi aparatur berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud  dalam pengelolaan dana desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiah, N. (2017). Pengaruh Bystander Effect Dan Whistleblowing Terhadap Terjadinya Kecurangan Laporan Keuangan.Skripsi Sarjana.Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewi, K. Y. D., Dewi, P. E. D. M., dan Sujana, E. (2018). Pengaruh Bystander Effect, Whistleblowing, Asimetri Informasi Dan Religiusitas Terhadap Kecenderungan Kecurangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Kecamatan Busungbiu 1kadek. 2, 130–147.
Dewi, L. A. M., dan Damayanthi, I. G. A. E. (2019). Pemoderasi Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa Dan Sistem Pengendalian Internal Pada Pencegahan Fraud. 26, 2375–2395.
Dewi, N. K. P. P., dan Rasmini, N. K. (2019). Pengaruh Kompetensi SDM Dan Locus Of Control Pada Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 1071. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i03.p12
ICW.(2020). Laporan Tren Penindakan Kasus Korupsi.
https://antikorupsi.org/id/tren
Khoiriyah,A.S.(2019). Pengaruh Kompetensi Aparatur Whistleblowing Sistem Pengendalian Internal Budaya Organisasi Terhadap Pencegahan Fraud Dana Desa.Skripsi Sarjana.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Nugroho, V. O. (2015). Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Fraud Dengan Perilaku Etis Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Pagilaran.Skripsi Sarjana.Universitas Negeri Yogyakarta.
Paramitha, N. P. Y., dan Adiputra, M. P. (2020). Pengaruh Whistleblowing System , Good Corporate Governance Dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Dalam Pengelolaan Dana Desa 1Ni. 33–42.
Rahmawati,N dan Triningtyas,D.(2019). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Presentase Diri dan Bystander Effect.Skripsi Sarjana.Universitas PGRI Madiun.
Riyana, R., Mutmainah, K., & Maulidi, R. (2021). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Locus Of Control Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Journal of Economic, Business and Engineering, 2(2), 282–291.
Rizqa, R. (2018) . Pengaruh Whistleblowing System,Sistem Pengendalian Internal, Budaya Organisasi dan Keadilan Organisasi Terhadap Pencegahan Kecurangan.Skripsi Sarjana.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rosalina, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Kesesuaian Kompensasi, Komitmen Organisasi Dan Moralitas Terhadap Kecenderungan Kecurangan Dana Desa Dengan Ketaatan Aturan Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Sarjana.Universitas Negeri Semarang.
Septrini,A.T.(2014). Pengaruh Locus Of Control Efikasi Diri Dan Prestasi Terhadap Kematangan Karir. Skripsi Sarjana.Universitas Negeri Semarang.
Widiyarta, K., Herawati, N. T., dan Atmadja, A. T. (2017). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Budaya Organisasi, Whistleblowing Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris Pada Pemerintah Desa Di Kabupaten Buleleng). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–12.
Widyani, I. G. A. A. T., dan Wati, N. W. A. E. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Aparatur Desa Dan Integritas Aparatur Terhadap Pencegahan Fraud Yang Terjadi Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa. 160–187.
Widyawati, N. P. A., Sujana, E., dan Yuniarta, G. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Whistleblowing System, Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Bumdes. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(3), 368–379.
Wonar, K., Falah, S., dan Pangayow, B. J. . (2018). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Ketaatan Pelaporan Keuangan dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Pencegahan Fraud Dengan Moral Sensitivity Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, Audit & Aset, 1(November), 63–89. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10 322/3933322/3933322/3933
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 571 times
PDF downloaded = 549 times