PENGARUH PROMOSI, HARGA, KULITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

  • Hasya Syatul Hasbi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
  • R.Aj. Endang P. Apriliani Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
promosi, harga, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuanxuntuk menganalisis pengaruh promosi, harga, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Anlisis ini menggunakan variable independen yaitu promosi, harga, kuaitas pelayanan, dan kepercayaan. Serta variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Consina Wonosobo yang tidak diketahui jumlahnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dibagikan secara online ke konsumen Toko Consina Wonosobo yang mendapat responden sebanyak 105 orang.

Hasil penelitian yang didapatkan dari uji t parsial ditemukan bahwa variabel independen promosi, harga, dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Consina Wonosobo. Sedangkan variabel independen kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Consina Wonosobo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S. 2016. Pengaruh harga, kualitas__produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).
Brian, W. N. 2018. Pengaruh Harga, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Kota Padang (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Danuwijaya, D.M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Sepatu Outdoor Merek Consinax di Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gulla, dkk., 2015. Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada hotel Manado Grace inn. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).
Hair, dkk., 2001, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu dan Dua Alih Bahasa Oleh David Octarevia, Salemba Empat, Jakarta.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61-72.
http://hani309.blogspot.com/2016/12/kepuasan-konsumen-customers-satisfaction.html Hani, 2016., diakses 25 Januari 2020
Heryanto, I. (2016). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.
Husein, U. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Ikhsan, M. F. (2019). Pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan toko online shop Lazada Indonesia: studi pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2015-2018 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Kurniawan, A. D., & Astuti, S. R. T. (2012). Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kedai Amarta Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 282-289.
Philip, K. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.
Lupiyoadi (2001) Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.
Lupiyoadi, dkk., (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.
Mawey, dkk., (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Oktari, R. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Usaha Kuliner Bakso H. Sabar Yosowilangun).
Purnamasari, dkk., (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).
Ramadania, 2002, Kepercayaan dan Komitmenx sebagai Perantara Kunci Relationship Marketing dalam Membangun Loyalitas, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol. 2 No.1, Hal. 33-52.
repository.unpas.ac.id/34288/4/BAB%20II_Landasan%20Teori%20.pdf Suprianto,2018. diakses 13 Juli 2020.
Saputra, A. D., 2018. Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Usaha Agar – Agar Kering Fahmi Food di Desa Krasak). Skripsi Universitas Sains Al-Qur’an.
Sari, D. D. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen SIM CARD GSM Prabayar XL di Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(1), 62-72.
Stanton, W.J. 1998. Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, dkk., (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan berkunjung sebagai variable intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management, 4(4). Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wijaya, C. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada. Agora, 6(2).
Winahyuningsih, P. (2010). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel griptha kudus. Sosial dan Budaya, 3(2).
Wulandari, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).
Published
2021-04-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 380 times
PDF downloaded = 332 times