PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DENGAN RELIGIOUS BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

(STUDI KASUS PADA PRODUK TABUNGAN BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU WONOSOBO)

  • Beti Saniyatun Farida Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Yusqi Mahfud Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Religious Behavior, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian ini berjutuan untuk membuktikan pengaruh kualitas pelayanan, kealitas produk terhadap keputusan nasabah dengan religious behavior sebagai variabel moderator studi kasus pada produk tabungan Bank Muamalat KCP Wonosobo. Pengambilan sempel yang digunakan adalah metode menurut Hair et al (1998) yang menyatakan bahwa ukuran sampel minimal 50 atau yang terbaik adalah lebih dari 100 responden. Berdasarkan pada pernyataan Hair et al (1998) tersebut, maka peneliti akan mengambil sampel sebanyak 115 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil perhitungan dengan pengujian parsial (uji t) dimana variabel kualitas pelayanan tingkat signifikansinya sebesar 0.497, variable kualitas produk tingkat signifikansinya sebesar 0.405, sedangkan hasil perhitungan pengujian simultan (uji f) diperoleh nilai sebesar fhitung = 326.949 > ftabel = 2.3059. Berdasarkan perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah pada Produk Tabungan Bank Muamalat KCP Wonosobo. Berdasarkan hasil MRA untuk mengetahui apakah religious behavior memperkuat hubungan antara kualitas pelayana dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah, diketahui bahwa religious behavior mampu memperkuat pengaruh kualitas pelayana dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, M., Umiyati, & Apriansyah, R. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavior Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Produk Tabungan Bni Syariah). Jurnal Liquidity Vol. 6, No. 2, hlm. 119-132.
Ali Hasan. 2010. Marketing.Yogyakarta: Media Presindo.
Dewi, T. K. 2017. The Ideological Dimension Of Religiosity: Is It Primarily Expresion Of Religiosity? Triana. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman BPFE. Yogyakarta.
Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). “Manajemen Pemasaran, 13th Edition”. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2002. Prinsip – Prinsip Permasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip. 2002. Manajemen Pemasaran
Kotler, Philip Dan Gery Amstrong. 1997. Alih Bahasa Drs. Alexander Sindoro; Penyuting: Benyamin Molan, Principle Of Marketing. Jakarta: Prenhallindo
Kotler, Philip, & Kalerr, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed.12. Jilid 1. Jakarta: Indeks. The Wharton School.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat
Maisur, M. A., & Shabri, M. (2015). Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(2).
Malik, J. A. (2019). Pengaruh Produk, Promosi Dan Service Exellence Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah KC Salatiga) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Masruri, Z. T. 2019. Pengaruh Brand Image, Advertising, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Dengan Religious Behaviour Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Bri Syariah Kantor Cabang Semarang). Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Putri, T. L. 2017. Pengaruh Lokasi, Produk, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Iain Salatiga Dalam Menjadi Nasabah Bank Syariah. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Satrio, E., & Siswantoro, D. 2016. Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi Xix
Schiffman, Leon G. and Kanuk, Leislie Lazar, 2000. Consumer Behavior. Seventh Edition. USA :Prentice-Hall, Inc.
Schiffman Dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Schiffman dan Kanuk, Amelia. 2004. “Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol. 1, No. 2
Safitri, F. D. 2018. Variabel Intervening. 2002, 1–23.
Setiawan, A., & Wiwaha, A. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Kelapa Gading Square. Jurnal Ilmiah Widya .Volume 2. Nomor 1. Halaman 38-45
Soesilowati, Endang S. 2009. Peluang Usaha Produk Halal Di Psar Global: Perilaku Konsumen Muslim Dalam Konsumsi Makanan Halal. Jakarta: Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 2010. Business Opportunities For Halal Products In The Global Market: Muslim Consumer Behaviour And Halal Food Consumption. Journal Of Indonesian Social Sciences And Humanities Vol. 3, Pp. Hlm. 151–160
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D: Bandung
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanuwidjaya, T., & Hikmah. 2020. Pengaruh Citra Merek, Periklanan Dan Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Pt Bpr Dana Fanindo. Jurnal Emba Vol.8 No.1, Hal. 1967-1976
Wati, Y. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Menabung Pada Bank Bri Syariah.(Studi Kasus Pada Bank Bri Syariah Kcp Sragen Atrium) Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Wulandari, I. S. (2018). Analisis Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Bank Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Semarang).
YATIE, A., & Ary, V. I. V. I. E. T. A. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung: Studi kasus bank syariah di Surabaya. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 3(1).
Published
2021-04-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 513 times
PDF downloaded = 440 times