PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KOMITMEN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KSP BERKAH KARUNIA MANDIRI KALIWIRO

  • Ana Fatiya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an
  • Heri Purwanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an
  • M. Trihudiyatmanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan, Komitmen Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan tuntutan mutlak bagi perusahaan untuk nenjamin kelangsungan hidup dalam usahanya tersebut, karena loyalitas nasabah merupakan puncah pencapaian pelaku bisnis. Dengan mendapatkan nasabah yang loyal mampu membuat peluang yang besar bagi koprasi untuk memperluas jaringan pemasaran dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan dan Komitmen Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah.

Jenis data yang dilakukan dipenelitian ini adalah kuantiatif yang berupa kuesioner dari KSP Berkah Karunia Mandiri Kaliwiro. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah KSP Berkah Karunia Mandiri Kaliwiro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Bumi Aksara.
Ellena, F. 2001, Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah studi pada PT. BRI (persero) Tbk Cabang Pemalang.
Ferdiand, 2006, Metode Penelitian Untuk Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Semarang Universitas Diponegoro.
Ghozali, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi kedua, Semarang : Universitas Diponegoro.
Ghozali, 2008, Model Persamaan Structural Konsep dan Aplikasi dengan Progran AMOS ver 5.0, Semarang : Universitas Diponegoro.
Girffin, S., 2005, Customor Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan,Edisi kedua Jakarta : Erlangga.
Kasmir, 2016, Manajemen Sumberdaya Manusia ( teori dan praktik), Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Kotler dan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta : Erlangga.
Ndubisi, Nelson Oly. 2007. Relationship Marketing and Customor Loyality. Junal of Marketing Inteligence & Planning, Vol.25, 98-106.
Robbit, S., Timoty, A., 2009, Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung : Alfabeta.
Wibowo, 2012, Manajemen Kinerja, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wiratna, S., 2014, Metodelogi Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Baru.
Published
2021-04-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 172 times
PDF downloaded = 136 times