ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, LOKASI, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

(STUDI PADA TOSERBA DANAREAL WONOSOBO JAWA TENGAH)

  • Dwi Firdiansyah Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Eko Prawoto Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kualitas pelayanan, Harga, Lokasi, Variasi produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Toserba Danareal wonosobo. Variabel-variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan, harga, lokasi dan variasi produk. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi produk yang dimiliki oleh Toserba danareal. Namun toko ini sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat. Hal inilah yang menjadi pertanyaan mengapa konsumen memutuskan melakukan keputusan pembelian di Toserba danareal.

Penelitian ini menggunakan data primer yang dihasilkan dari penyebaran kuesioner. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampel sebanyak 110 responden. Metode yang digunakna pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Kemudian jawaban para responden dianalisis dengan menggunakan alat regresi linear berganda yang dioperasikan dengan program SPSS V.25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, lokasi dan variasi produk berpengaruh postif terhadap keputusan pembelian, Keterbatasan dalam penelitian ini adalah data yang digunakan hanya menggunakan hasil pengisian kuesioner oleh responden yang sedang melakukan pembelian saat itu juga, sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mendapatkan responden. Saran dari penulis untuk penelitian selanjutnya dapat menambah jumlah sampel dan memperluas daerah penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afonso, O., S. Monteiro., M. Thomson, 2012, A Growth Model for the Quadruple Helix Innovation Theory, Journal of Business Economics and Management, Vol. 13, Issue 4, page 1-3.
Alma, S. 2007. Ekonom, Jilid 2. Jakarta:Esis.
Anderson, E.W., C. Fornell and R.R Lehman., 1994,” Customer satisfaction, markrt share, and profitability”, Findings from Sweden,” journal of marketing, Vol. 58 (1) : pp. 53-66.
Andreasen, K. 1995. Srategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba Edisi Ketiga. Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Assegaff, M. 2009. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol 10 No 2.
Assauri, S. (2003).Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction, Dalam Usahawan, No. 01, XXXII, Januari, hal.25- 30. Jakarta.
Azwar, S. 1999. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha..
Bona, 2015. ‘’Analisis Pengaruh Lokasi,Harga,Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian study pada Wong Art Bakery&Cafe Semarang.
Buchari, A, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Bungin, B. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Dabholkar, P.A., Shepherd, C.D. dan Thorpe, DJ. (2000), "A Comprehensive Framework For Service Quality: An Investigation of Critical Conceptual And Measurement Issues Through A Longitudinal Study", Journal of Retailing.
Efnita, T. 2017. pengaruh Variasi produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Wedding Organizer studi CV Modelmen Padang.
Enis, BM, and KK Cox, 1988, Marketing Classics: A Selection of Influential Articles, 6th ed., Allyn & Bacon Inc, Massachusettstions of price, quality, and value: A mean-end model and synthesis of evidence,” Journal of Marketing, 52(3), pp.2-22.
Eny, M. 2018.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan pembelian di Alif putra Toserba dan Grosir Jombang.
Fitzsimmons A.James, Fitzsimmons J.Mona. (1994). Service Management: operations, strategy, information technology.Mc Graw Hill. United States.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty; Menumbuhkan dan Mempertahankan
Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang:Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, I. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gross, J. J. & Ross A. Thompson. 1998. Antecendet and Response Focused Emotion Regulation: Divergen Consequences for Experience and Physiology. Journal of Personality and Social Psychology. 74. 224-237.
Gujarati, Damodar. 1995. Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa Sumarno Zain.Erlangga : Jakarta.
Hamid, A. 2010. Panduan Penulisan Skripsi. Cetakan kesatu. FEIS UIN Press: Jakarta.
Hasan, A. 2009. Marketing, Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI).
Istijanto, 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nurrahman, I. 2016. pengaruh Variasi Produk terhadap Keputusan pembelian Survei pada pembeli Smartphone Nokia series x di BEC Bandung..
Kotler, p & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran.Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, P, 1996, “ Manajemen Pemasaran : Maketing Management 9e” , Jakarta, PT. Prenhallindo.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. 2005, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi II, PT Indeks Kelompok
Kotler, P & Armstrong, G. 1994. Dasar-dasar Pemasaran.Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P &Amstrong, G, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.Farmasi dan Medisinal Organik,Edisi VIII, I.B. Lippincott Company, Philadelphia – Toronto, 351, 353.
Kotler, P. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi,dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo
Kotler, P & Keller. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Lupiyoa, (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.
Majid, M. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda..
Nugroho & Paramita, R. 2009. Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang. EKOBIS vol. 2 no. 1. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.
Parasuraman, BSB .& Zeithaml, V.A. (1985). Conceptual Model of Service Quality and its implication for future research. Jurnal Marketing, Vol 49. 41-50., 2001. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE.
Porter, E. M. 1985. Competitive Advantage-Creating and Sustaining SuperiorPerformance, New York : Free Press.
Spark, Richard E. And D, Legault. 2005. A Definition of Quality for Total Customer.
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B & Sukotjo. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty. 2010.
Swastha, B & Sukotjo. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty, 2008
Tjiptono, F, 1999, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F. (1990). Manajemen Jasa. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Tjiptono, F. 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, F. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogjakarta.
Tjiptono. F & Gregorius C. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset. Yogyakarta.
Utama, P.W. . 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Rown Division Kota Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Utami, P. 2008. Buku Pintar Tanaman Obat. Agromedia Pustaka, Jakarta.
Widagdo, 2011. Masalah dan Tatalaksana Penyakit Infeksi Pada Anak. Jakarta: CV Sagung Seto.
Wilson and Gisvold, 1982, Textbook of Organic Medicinal and Pharmaceutical Chemistry, in Deorge, R.F. (Ed), Buku Teks Wilson dan Gisvold: Kimia.
Zeithaml, Valerie A.,(1988), Consumer Perceptions Of Price, Quality, And Value: A Means-End Model And Synthesis Of Evidence, Journal Of Marketing, Vol. 52 No. 2: 2-22.
Published
2021-04-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1132 times
PDF downloaded = 922 times