PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

  • Ana Fatma Fitriana Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
  • Agus Putranto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
Keywords:
modal, lama usaha, lokasi usaha, jam kerja, pendapatan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, lama usaha, lokasi usaha, dan jam kerja terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima di sekitar alun-alun Kabupaten Wonosobo. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian adalah PKL yang tergabung dalam anggota PPAMW Kabupaten Wonosobo berjumlah 286 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 Pedagang Kaki Lima yang berjualan di sekitar alun-alun Kabupaten Wonosobo yang didapat melalui teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modal, lama usaha, lokasi usaha, dan jam kerja berpengaruh postif terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima di sekitar alun-alun Kabupaten Wonosobo. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya dengan penyebaran kuesioner sehingga tidak kadang tidak mncerminkan jawaban yang sebenarnya, disarankan kepada peneliti selanjutnya pengumpulan data menggunakan kuesioner ditambah dengan metode wawancara sehingga lebih mencerminkan jawaban yang sebenarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Antara I Komang, Luh Putu Aswitari. 2016. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Denpasar barat. Jurnal Ekonomi, Universitas Udayana.
Adler H. Manurung dan Lutfi T. Rizky. 2007. Successful Financial Planner: A Complete Guide. Jakarta: Grasindo
Akbar, Purnomo Setiady dan Usman, Husaini. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Akhbar NP. 2015. Analisis Pengaruh Jarak, Lama Usaha, Modal, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Limakonveksi (Studi Kasus di Kelurahan Purwodinatan Kota Semarang). Universitas Diponegoro. Semarang
Annisa. 2017. Pengaruh Return On Asset, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Koneksi Politik terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012- 2015.) JOM Fekon, Vol. 4 No.1. Universitas Riau
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arkadiansari, Devi. 2011. Pengaruh Upah dan Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. Pagilaran di Batang. Skripsi SI. Surakarta : UMS.
Asmita, Rini. 2015. Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima Sektor Informal Di Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro
Ayu dan Suarjana. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variable Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 2, 2017: 1112-1138. ISSN : 2302-8912
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonosobo
Basu, Swastha dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Boediono. 1992. Pengantar Ilmu Ekonomi No. 4: Teori Pertumbuhan Ekonomi. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Dany Esaningrat. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengauhi Pemdapatan Pedagang Gladag Langen Bogan Surakarta. Skripsi Ekonomi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Danuar, Dani Tri U. 2013. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Semarang: Diponegoro Journal Of Economics Volume 2, Universitas Diponegoro Semarang
Dewi, Ari. 2018. Manajemen Keuangan Lanjut. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Firdausiyah, Faristin. 2018. Pengaruh Modal Usaha Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Wisata Menara Kudus. Skripsi. UIN Syarif Hidaytullah. Jakarta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hentiani, T.L.. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Informal di Pasar Sentral Medan. Tesis. Universitas Sumatera Utara
Handoko T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi II.Cetakan Keempat Belas. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Hanum, Nurlaila. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang, Samudra Ekonomika. Vol.1, No.1., 73.
Handhika, Anang. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima ( Studi Di Seputar Alun-Alun Kabupaten Klaten). Skripsi Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kaukab, M. E. (2020). Indonesian Economic Outlook 2020: Peluang Dari Keterbukaan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 38-47.
Khasan, Setiaji. 2018. Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.Vol.6.No.1
KKBI. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]
Muliyanti, R., & Kaukab, M. E. (2020). Analisis Kinerja UMKM pada Market Place Wonosobo Mall. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 3(2), 154-160.
Munir. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Jakarta.
Nisa, Zahrotun Utami. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Nur, Nadya Novalita. 2019. Pengaruh Lokasi Usaha, Modal, Jam Kerja dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil di Sekitar Stasiun Tanah Abang, Tebet dan Jaakarta Kota. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
Nurdirman. 2001. Manajemen Tugas, Tanggung Jawab, Praktek. Jakarta: Gramesia
Patty. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Studi Empiris PKL Di Sepanjang Jln. Jendral Sudirman Salatiga). Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. Vol 1 No 1. Hal.: 1-20
Poniwati, Asmie. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.
Purwanti, Endang. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Vol. 5 No. 9, Juli 2012. STIE AMA Salatiga. 13-28 hal.
Rahardja, Pratama dan Manurung, Mandala. 2008. Teori Ekonomi Makro. Edisi Keempat: Lembaga Penerbit FE UI
Reski, Andi Aulia AR. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Pantai di Losari Kota Makasar). Skripsi.UIN Alauddin. Makasar
Rosetyadi Artistyan. 2012. Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintoro Demak. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang
Sakur. 2011. Kajian Faktor-Faktor yang Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Studi Kasus di Kota Surakarta. Jurusan Ilmu Administrasi FISIP Universitas Sebelas Maret.
Sukirno. 2000. Makro ekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Drafindo Persada.
Sundari. 2017. Pengaruh Lokasi Usaha dan Jam Kerja Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. UIN Raden Intan. Lampung
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Suparmoko. 2010. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: BPEF
Supranto. 2008. Statistika Teori dan Aplikasi. Edisi ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga
Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Wicaksono. 2011. Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Pasar Bintoro Demak. Universitas Diponegoro. Semarang
Winardi. 1992. Manajemen Perilaku Organisasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
Wahyu, Ike Nurfiana. 2018. Analisis Pengaruh Modal, Jam Kerja, dan Lokasi Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Mranggen. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang
http://www.suaramerdeka.com
Published
2021-04-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 521 times
PDF downloaded = 535 times