PENATAAN KAWASAN TK DHARMA WANITA DESA MERGOWATI KEC. KEDU DENGAN PENDEKATAN KENYAMANAN TERMAL

  • Qonia Sani Mafaza Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
akses jalan, infrastruktur bangunan, kenyamanan termal

Abstract

Masa pra sekolah merupakan masa-masa untuk bermain dan mulai memasuki taman kanak-kanak. Waktu bermain merupakan sarana untuk tumbuh dalam lingkungan dan kesiapannya dalam belajar formal. Kita sebagai orang dewasa sudah seharusnya mendukung proses dan bertumbuhnya anak-anak Indonesia. Lalu bagaimana jika tempat mereka bermain dan belajar belum memadai, bisa jadi anak-anak kurang nyaman dan kurang merasa aman. Di TK dharma wanita Mergowati masih perlu penyempurnaan bangunan beserta fasilititasnya agar ana-anak dapat belajar dan bermain dengan nyaman,aman dan riang. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan melakukan observasi langsung. Adapun permasalahan yang ada yaitu masih susahnya akses jalan dari jalan utama desa ke gedung sekolah serta bangunan yang masih seadanya serta belum ada pagar keamanannya. Oleh sebab itu penulis mencoba untuk mencari solusi dari permasalah tersebut agar tercipta bangunan yang nyaman dan sesuai dengan kondisi termal lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basaria Talarosha.2005.Jurnal. Menciptakan kenyamanan thermal dalam bangunan. Universitas Sumatra Utara.
Efit & faisal. 2019. Jurnal. Tugas stupa VI permasalahan kawasan. Universitas sains ilmu al-qur’an
Hermawan, 2014, Karakteristik Rumah
Tinggal Tradisional di Daerah Pegunungan Jawa Tengah, Jurnal PPKM UNSIQ III (2014) 212-219.
Hermawana, Prianto, E., Setyowati, E., 2014, Prediksi Kenyamanan Termal Dengan PMV Di SMK 1 Wonosobo, Jurnal PPKM UNSIQ I (2014) 13-20 ISSN: 2354-869X.
Hermawan, Prianto, E., Setyowati, E., 2018, Studi Lapangan Variabel Iklim Rumah Vernakular Pantai Dan Gunung Dalam Menciptakan Kenyamanan Termal Adaptif, Jurnal Arsitektur Zonasi, Vol. 1, No. 2, Oktober 2018.
Hermawan, Prianto, E., Setyowati, E., 2018, Analisa Perbandingan Suhu Permukaan Dinding Rumah Vernakular Pantai Dan Gunung, Arcade Jurnal Arsitektur, Vol. 2, No. 3, November 2018
Hermawan, Prianto, E., Setyowati, E., 2018, Studi Tipologi Rumah Vernakular Pantai Dan Gunung (Studi Kasus Di Kabupaten Demak Dan Kabupaten Wonosobo), Jurnal PPKM III (2018) 259 – 266.
https://Paud-anakbermainbelajar.blogspot.com di akses pada 5 april 2020 pukul 20.00 WIB.
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 118 times
PDF downloaded = 115 times