PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI DI PASAR INDUK WONOSOBO

  • Nanda Juwita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hermawan Hermawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
harga, lokasi, keberagaman produk, minat beli

Abstract

Perkembangan pada sektor ekonomi saat ini salah satunya dapat dilihat dari semakin berkembangnya bisnis ritel dan toko-toko grosir yang telah menjamur baik di pusat kota ataupun di desa – desa. Berkembangnya bisnis tersebut mulai merambah dan menjadi pesaing bagi pasar tradisional yang dari dulu telah menjadi pusat perekonomian di suatu wilayah. Salah satunya yaitu pasar tradisional yang ada di Kabupaten Wonosobo yaitu pasar induk Wonosobo. Pasar induk Wonosobo dituntut agar tetap dapat menarik minat beli konsumennya. Namun, kebakaran pasar yang terjadi pada tahun 2014, menimbulkan beberapa permasalahn yang muncul di pasar induk Wonosobo seperti keseuaian harga dengan kualitas, lokasi pedagang yang tidak teratur, dan keberagaman produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh harga, lokasi, dan keberagaman produk terhadap minat beli di pasar induk Wonosobo. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, keberagaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Anggoro, M.T. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ghazali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip
Ghazali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip
Kuncoro, M. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, P., Kevin, L, K. 2015. Principel of Marketing. Jakarta: Erlangga
Mualifu, M., Guspul, A., Hermawan. 2020. Pengaruh Transparansi, Kompetensi, Sistem Pengendalian Internal, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Akuntabilitas Pemernitah Desa Dalam Mengelola Alokasi Dana Desa (Studi Empiris Pada Seluruh Desa Di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga) Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 1 (1), 49-59
Prasetyo, S.., Hermawan, Guspul, A. 2020. Pengaruh Konflik Peran, Ambiguitas Peran Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Astra Motor, Tbk Banjarnegara Cabang Yogyakarta). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 1 (2), 343-351
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif dan R&D. Bndung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 220 times
PDF downloaded = 164 times