PENGARUH LABEL HALAL, HARGA,DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTSAN PEMBELIAN PRODUK AICE
(Studi kasus pada Mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo)
label halal, harga, kualitas produk, keputusan pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan pengumpulan data dengan menyebar kuesioner 85 kepada Mahasiswa UNSIQ yang pernah membeli produk Aice. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian terhadap hipotesis, menunjukan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
American National Standards Institute (ANSI) dan American Siciety for Quality Control (ASQC) diakses di https://www.ansi.org dan https://asq.org pada 08/08/2019.19:20.
Andriansyah Yusuf, Rois Arifin, Afi Rachmat S. 2017. Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Teh Racek (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, volume 06 nomor 02 Agustus.Diakses di riset.unisma.ac.id pada 23/11/2018.08:37.
Departemen Ilmu Teknologi Pangan-PB, 2010.
http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go-to-section/39/1328/page. diakses 12 oktober 2019
Kotler, Philip. 2005. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi kedua. Jakarta: Gramedia.
Kotler, Philip dan G, Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan G, Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Pertama, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Keduabelas. Jakarta: PT Indeks.
Marzuki.2005.Metodologi Riset. Yogyakarta: Ekonisia
Nugroho, Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen. Cetakan ketiga. Jakarta: Kencana.
Putri Wahyu R. 2017. Pengaruh Kemasan, Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Ice Cream Aice di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi.Volume 3 Edisi 3 2017. Di akses di fe.ubhara.ac.id pada 3/11/19
Peraturan Pemerintah nomor 69 Tahun 1999
Rofiq, Ainnur dan Hufrom M. 2007. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di PowerNoise Store Studi kasus pada Konsumen PowerNoise Store Malang. Jurnal Riset Manajemen . Diakses di riset.unisma.ac.id pada 5/02/2019.19:55
Sangadji, EM. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setia-Tarigan ED. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Noveber 2016 Volume 3 Nomor 1 2016. Diakses di pdfs.semanticscholar.org pada 05/02/2019.19:55
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Keempatbelas. Bandung: Alfabeta
Swasta, Basu dan Handoko, Hani T. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.
UU No.33 tahun 2014. Dilihat di www.hukumonline.com.10/13/2019.19:54
Waspada, Guruh Y. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi kasus pada Konsumen Remaja es Krim wall’s di Kota Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen. Di akses di repository.umy.ac.id pada 25/01/2019.