PENGARUH ATTITUDE, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP MINAT BELI JASA TRANSPORTASI ONLINE

  • Azizah Budhi Nur Romadhoni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Guspul Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Theory of Planned Behaviour, Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior sebagai kerangka teori untuk mengetahui pengaruh attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control terhadap minat beli jasa transportasi online. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada pengguna transportasi online di Wonosobo. Sampel yang didapatkan dengan teknik sampling convenience sampling berjumlah sebanyak 120 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian yang didapatkan dari uji t parsial ditemukan bahwa variabel attitude memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli jasa transportasi online Grab di Wonosobo. Sedangkan variabel subjective norm dan perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli jasa transportasi online Grab di Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. 1991. Thextheoryxofxplannedxbehavior. OrgnizationalxBehaviorxand HumanxDecisionxProcesses, 50, 179–211.
Ajzen, I. 2001. NaturexandxOperationxofxAttitudes. Annual Review of Psychology, 52, 27–58.
Ajzen, I. 2002. PerceivedxBehavioralxControl, Self ‐ Efficacy, LocusxofxControl, andxthexTheoryxofxPlanned Behavior. Journal of Applied Social Psychology, 32(4), 665–683.
Ajzen, I. 2005. Attitudes,xPersonalityxandxBehavior, (2nd edition), Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education.
Alwafi, Fachrizi. Magnadi, Rizal. 2016. PengaruhxPersepsi,xKeamanan, KemudahanxBertransaksi,xKepercayaanxterhadapxTokoxdanxPengalaman BerbelanjaxterhadapxMinatxBelixtokopedia.com. Diponegoro Journal of Management, 5, 1–15.
Amalia, Z. N., & Suyono, N. A. 2015. FaktorxMinatxPerilakuxBertransaksi MenggunakanxE-commerce (StudixkasusxpadaxmahasiswaxperempuanxS-1 FakultasxEkonomixUniversitasxSainsxAl-Qur’anxWonosobo.
Ani, N. A. F., Khairul, I., & SHI, M. 2018. Analisis Theory of Planned Behavior Terhadap Niat Beli Makanan Berlabel Halal Pada Konsumen Non Muslim Di Soloraya (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).
Anwar, A. A. 2017. Onlinexvsxkonvensional: keunggulanxdanxkonflikxantar modaxtransportasixdixkotaxmakassar. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2), 220-246.
Binalay,xA. G., Mandey, S. L., & Mintardjo,xC. M. 2016. Pengaruh Sikap,xNorma SubjektifXdanXMotivasiXterhadapXMinAt Beli Secara Online Pada MahasiswaxFakultasxEkonomi dan Bisnis di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
DBS Asian Insight. https://www.dbs.com 23 Desember 2019
Fishbein, M., & Ajzen, I. 1975. Belief,xAttitude,xIntention, and Behavior: An IntroductionxtoxTheoryxandxResearch
Idris, I. dan Kasmo, A.B.P. 2018. PengaruhXSikap,XNormaXSubjektifXDan PersepsiXKontrolXPerilakuXTerhadapXMinat X Kepemilikan X Kartu Kredit Bank CIMB Niaga (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Indrayana, B., Seminar, K. B., & Sartono, B. 2016. Faktor PenentuXMinat PenggunaanXXInstagramxUntukxPembelianxOnlineXMenggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 2(2), 138.
Jogiyanto, H. 2007. MetodologiXPenelitianXSistemXInformasi. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Lintong, D. C. A. 2018. AnalisisxFaktor-FaktorxyangxMempengaruhixNiat MembelixOnlinexPadaxUsahaxKecilxdanxMenengahxdixManado (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3).
Mualifu, M., Guspul, A., Hermawan. 2020. Pengaruh Transparansi, Kompetensi, Sistem Pengendalian Internal, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Akuntabilitas Pemernitah Desa Dalam Mengelola Alokasi Dana Desa (Studi Empiris Pada Seluruh Desa Di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga) Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 1 (1), 49-59
Puspaningtiyas, I. 2016. AnalisisxFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat PerilakuxTerhadapxPenggunaanxSistemxInformasixAkuntansixBerbasis E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Prasetyo, S.., Hermawan, Guspul, A. 2020. Pengaruh Konflik Peran, Ambiguitas Peran Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Astra Motor, Tbk Banjarnegara Cabang Yogyakarta). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 1 (2), 343-351
Rahmawati, N. A., Suroso, A. I., & Ramadhan, A. 2018. Factors Influencing The PurchasexIntentionxinxOnlinexOrganicxFruitxandxVegetablexStores. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 15(3).
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 321 times
PDF downloaded = 657 times