PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, KEBERAGAMAN PRODUK, SUASANA TOKO DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL WONOSOBO

  • Wisnu Widayat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Quran
  • Heri Purwanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
kualitas pelayanan, harga, keberagaman produk, suasana toko, lokasi, minat beli konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, keberagaman produk, suasana toko dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen di pasar tradisional Wonosobo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu teknik ini dipilih karena peneliti menggunakan pertimbangan sendiri dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi sedangkan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

 

Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen, harga tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen, keberagaman produk berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen, suasana toko berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dan lokasi berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiba (2016). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Aurora Shop Samarinda. Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis.
Agusetyani. T. (2018). Upaya Untuk meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Lokasi, Suasana Toko dan Keberagaman Produk pada Toko Maya di Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Nganjuk. Jurnal.
Ananda, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Ramayana Lestari Sentosa Pekanbaru. Pekanbaru. Jurnal.
Aptaguna A. Pitaloka E (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek Di Jakarta. Jakarta. Jurnal Widyakala Vol. 3.
Arsyadani. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan pembelian Di Minimarket Kompa IAIN Walisongo Semarang. Semarang. Skripsi.
Arif. ZA. (2018). Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Pabean Surabaya. Surabaya. Jurnal.
Bariroh. H. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat membeli konsumen Pada Minimarket Indomart Dan Minimarket Alfamart Malang. Malang. Jurnal.
Cahyono. A. ( 2015). Pengaruh Keberagaman produk Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi Kasus Baitul Muslim Assadiq Yogyakarta). Yogyakarta. Skripsi.
Dewi. C. (2014). Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli Konsumen Di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta Surakarta. Jurnal Informatika edisi September 2014. Vol.1 No.21SSN 2337-5213.
Ekawanti. U. (2019). Pengaruh Lokasi Toko Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Distro Jenawi Oblong Riau Pekanbaru. Pekanbaru. Jurnal.
Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca, Manado. Jurnal EMBA.
Ginting M. Saputra A. (2015). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pasar Tradisional Di Kecamatan Medan Johor. Medan. Jurnal Manajemen Bisnis STIE IBBI.
Handri MH. Fernos J (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mini Market Xmart Ulak karang Padang. Padang. Jural.
Hardiansyah. R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko roti Morning Bakery (Studi Pada Toko Roti Morning Bakery Batu 8 Jl. Raya Dampak Tanjungpinang). Riau. Jurnal.
Hidayah. SA. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik pekalongan. Pekalongan. Skripsi.
Latief. A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Warung Wedang Jahe Di Warung Sido Mampir Di Kota Langsa. Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol,.7. No. 1.
Lassar, W ., Mittal, B & Sharma, S. 1995. Measuring Customer-Based Brand Eaquity. Journal of Consumer Marketing. Vol. 12. No. 4. Pp. 11-19.
Ma’ruf. A. (2017). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. (Studi Kasus di Toko Kripik Sawangan No.1 Purwokerto). Purwokerto. Skripsi.
Munadi C. Ibrahim M. (2017). Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Minat Konsumen Membeli Perumahan. Pekanbaru. Jurnal JOM FISIP Vol. 4 No 1.
Munaa,IN. (2013). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen di Pasar Tradisional Tulungagung. Jurnal.
Nilasari E. Istiatin. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Surakarta. Jurnal Paradigma Vol. 13, No.1.
Nur. W. (2016). Pengaruh Lokasi, Keberagaman Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Giant ekspres cabang Alauddin Makasar. Makasar. Jurnal.
Pratiwi. A. (2016). Pengaruh Lokasi, Harga dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pasar Argosari Wonosari. Wonosari. Skripsi.
Purnomo. E. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (studi kasus Desa Rembah Utama). Jurnal.
Putri. YT. (2017). Pengaruh Keberagaman Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MC Donald’s Kedaton Di Bandar Lampung. Lampung. Skripsi.
Rizki. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Di Matahari Department Store Mall Ska Pekanbaru. Pekanbaru. Jurnal JOM FISIP Vol. 5.
Rozaq, INS. (2017). Pengaruh Keberagaman Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Minat Beli konsumen di Pasar tradisional Bangetayu Genuk Semarang. Semarang. Jurnal.
Rokhim. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen Di Pusat Perbelanjaan Luwes Jalan Solo-Karanganyar Km 6.7, Dagen, Jaten, Karanganyar. Karanganyar. Jurnal.
Ruri PU, Hendra S. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan, Medan, Jurnal Niagawan.
Santosa H. Soesatyo Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli nokia Lumia 520 Di Surabaya. Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 2.
Satria. AA. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Surabaya. Jurnal Manajemen Dan star-Up Bisnis.
Surya. A. (2014). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Convienience Store 7-Elemen Ciputat. Banten. Jurnal.
Trisnawati. IN. (2015). Pengaruh Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Minat Pelanggan Bengkel Cahaya Timur Semarang. Semarang. Jurnal
Vici. VY. (2018). Pengaruh Harga, Gaya Hidup Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Pasar Tradisional Petisah Medan. Medan. Skripsi Sarjana.
Wahyudi. (2015). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen pada Supermarket Gelael Bandar Lampung. Lampung. Jurnal.
Wahyudin. (2019). Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Lokasi dan Kualitas Pasar Terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Pon Purwokerto. Purwokerto. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi.
Wardani. HS. ( 2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Jaizah Boutique Tlogosari Semarang, Semarang. Skripsi.
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1454 times
PDF downloaded = 1209 times