ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN

  • Sekhudin Sekhudin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tangah Di Wonosobo
  • Yusqi Mahfudz Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tangah Di Wonosobo
Keywords:
Strategi Pengembangan, Program Studi Akuntansi, Analisis SWOT, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Dewasa ini pengelolaan perguruan tinggi yang baik selain diperlukan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan dalam manajemen perguruan tinggi yang baik, juga tidak kalah penting adalah tata kelola manajemen akademik (muatan kurikulum) dalam menciptakan lulusan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan IPTEKS. Analisis strategi pengembangan pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis menggunakan pendekatan SWOT (strength, weakness, opportunity, and threat), untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan internal Program Studi Akuntansi. Peluang, dan ancaman yang berkemungkinan di hadapi program studi dari faktor eksternal. Melalui analisa SWOT akan dapat bermanfaat untuk menetapkan pilihan–pilihan strategi dalam memahami potensi-potensi yang dimiliki. Dalam memilih strategi yang di prioritaskan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan matriks SWOT dan pembobotan EFAS dan IFAS serta Analytical Hierarchy Process  (AHP) yang menggunakan Expert Choice versi 11.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
BAN-PT Akreditasi Program Studi Panduan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED). (2018). BAN-PT Jakarta.
Bungin, Burhan. 2012. Analisis Data penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
David, Fred R,2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta
Fe Unsiq. 2017. Sejarah Fakultas Ekonomi UNSIQ. Retrieved 2019. From (https://fe.unsiq.ac.id/portal/sejarah/)
Fitriani, Bambang Suhada. 2016. Strategi Pemasaran Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Derivatif Vol. 10 No. 2, November 2016
Moleong, Lexy, J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10.
Penerbit :Salemba Empat. Jakarta.
Primantari, FA Luki. 2008. Aplikasi Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Pemberdayaan Landas Pacu Bandara Internasional Adi Sumarmo Surakarta. Tesis. Surakarta : Magister Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret
Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama).
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)
Robbins, S dan Coulter, M. 2007, Manajemen. Edisi Kedelapan, Jakarta : PT Indeks.
Saaty, T. L. (2000). Fundamentals of Decision Making and Priorty Theory with the Analytic Hierarchy Process. Pittsburg: RWS Publications.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. (Bandung : Alpha Beta)
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. (Bandung : Alpha Beta)
Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif dan RnD. (Bandung : Alpha Beta)
Susanto, Ahmad 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Yusuf, M. 2014. Analisis Potensi Stie Kebangsaan Bireuen Dengan Pendekatan Swot. Jurnal Kebangsaan STIE Kebangsaan Bireuen – Aceh Vol 3 No. 5 Januari 2014.
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 173 times
PDF downloaded = 158 times