ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP IFRS

(Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)

  • Putu Ainu Tohiriah Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Agus Putranto Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Minat Belajar, Sarana Prasarana, Persepsi, IFRS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi UNSIQ terhadap IFRS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiwa aktif akuntansi yang terdaftar di Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Jumlah sampel sebanyak 162 responden, sedangakan teknik pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria Mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah akuntansi pengantar 1 dan 2, akuntansi keuangan menengah 1 dan 2, akuntansi keuangan lanjutan 1, akuntansi keuangan lanjutan 2, dan teori akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikani 5%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penkecerdasan emosional dan perilaku belajar berpengaruh terhadap pemahaman IFRS sedangkan kecerdasan spiritual, minat belajar, sarana prasarana dan persepsi tidak berpengaruh terhadap pemahaman IFRS mahasiswa akuntansi UNSIQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahab dan Umiarso. 2011. Kependidikan dan Kecerdasan Spiritual. Ar- Ruz. Jakarta.
Goleman. 2005. Emotional Intelligence (terjemahan: Alex Tri Kanjono Widodo). PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan ETAP. Jakarta.
Irmah Halimah Bachtiar dan Novita Esma. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat dan Ketersediaan Sarana Pendidikan terhadap Pemahaman Mahasiswa Mengenai IFRS. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Indonesia Timur. Makassar.
Muslim Daim. 2015. Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Keercayaan Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman IFRS. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Nanik Ermawati dan Amin Kuncoro. 2017. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Tingkat Pemahaman IFRS. Jurnal STIE Semarang. Kudus.
Nieke H. Widaningrum, Agung Praptapa, Permata Ulfah. 2010. Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman IFRS Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating Di Fakultas Ekonomi UNSOED. SNA VIII. Purwokerto.
Nirmala Yuningsih dan Muhamad Rivandi. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiitual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi. Universitas Padang.
Rita J.D Atarwaman. 2016. Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman International Financial Reporting Standard. Jurnal Ekonomi Mahasiswa Akuntansi Universitas Pattimura. Ambon.
Yuningsih Nita Christiani. 2015. Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap International Financial Reporting Standar (IFRS). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Zohar, D. Marshal dan Ian. 2007. Kecerdasan Spiritual (SQ) Memanfaatkan Memanfaatkan Kecerdasan dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Mizan. Bandung.
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 166 times
PDF downloaded = 154 times