PENGARUH CITRA MEREK, GAYA HIDUP HEDONIS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB RABBANI (Studi pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah di Wonosobo)

  • Dani Khoerinisa Setyaningsih Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Citra Merek, Gaya Hidup Hedonis, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian adalah sebagai pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih tindakan dari dua atau lebih alternative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, gaya hidup hedonis dan harga terhadap keputusan pembelian jilbab Rabbani pada santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah Mojotengah di Wonosobo. Jumlah responden sebanyak 75 santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah Mojotengah di Wonosobo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa citra merek mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil ini menunjukan bahwa semakin baik citra merek pada jilbab rabbani maka semakin meningkat keputusan pembelian. berdasarkan penelitian diperoleh hasil gaya hidup hedonis mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. hasil ini menunjukan bahwa semakin baik gaya hidup hedonis maka semakin meningkat jumlah keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian  diperoleh hasil bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil ini menunjukan bahwa semakin baik dan relevan harga maka semakin meningkat pula keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, D. 2011. Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol. 3, No. 3, November 2011.
American Marketing Association. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi dalam Strategi Pemasaran. Terjemahan Nugroho Setiadi J. PT. Prenada Media. Jakarta.
Azhar, Susanto. 2008. Sistem Informasi Akuntansi, Struktur Pengendalian Resiko. Pengembangan, Edisi Perdana, Bandung : Lingga Jaya
B, Alfian. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar: Skripsi Universitas Hasanuddin
Buchari, A. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.
http://repository.unpas.ac.id/ 156/4/BAB%20II.pdf [diunduh 1 Februari 2019]
https://carapedia.com/pengertian_gaya_hidup_ menurut_kbbi_info1832.html [diunduh pada 31 Januari 2019]
https://dianpelangi.net/pengertian-jilbab-hijab.html [diunduh pada 31 Januari 2019]
https://jurnalbumi.com/merek-jilbab-ternama-di-indonesia/ [diunduh pada 31 Januari 2019]
https://kbbi.web.id/harga [diunduh 31 Januari 2019 ].
https://skripsi-manajemen.blogspot.com/2012/12/pengertian-keputusan pembelian.html [diunduh pada 31 Januari 2019]
https://sosiologibudaya.wordpress.com /2011/05/18/gaya-hidup/ [diunduh 31 Januari 2019]
https://www.biografiku.com/biografi-dan-profil-amry-gunawan-kisah-sukses-pendiri-rabbani/ [diunduh pada 31 Januari 2019]
Indrastuty, Dini. 2011. RPUL SMP. Jakarta: Media Pusindo dan Grup Puspa Swara.
Indrawati, Devi. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Zoya. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen Vol.15 No.2 Juli-Desember 2015 : 302-319
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003, ”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana. Kotler, 2007
Kasali, R. 2003. Manajemen Public Relations. Grafiti, Jakarta.
Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2012. Principles of Marketing. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi Kedelapan, Alih Bahasa OLeh Damos Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, P dan Keller K Lane. 2006. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Ghalia. Indonesia
Kotler, P. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Upp Amp. Ykpn
Mowen, C., John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga.
Muchammad, F. Manajemen Strategik, Semarang: CV. Karya Abadi Jaya.2015
Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di kota malang. Psikologi Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8.
Nembah, F. Hartimbul Ginting 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.
Nurdiyansyah, Wandi Arif. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Scoopy (suatu survey pada Mahasiswa Fakultas Ekkonomi Universitas Pasundan Bandung).
Rianton.(2012). Hubungan Antara Konformitas Sekelompok Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Kab. Dhamasraya Di Yogyakarta, jurnal psikologi
Riyanto, B. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi. Keempat. BPFE-Yogyakarta
Rizaldi, M. 2016. Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Keputusan Pembelian pada Smarthphone di Kalangan Mahasiswa (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negri Surabaya) Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 2 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
Rohmatia, S. 2017. Analisis Pengaruh Fakor-Faktor Terhadap Keputusan Konsumen Dalam menentukan Dalam Menentukan Pilihan Sewa Lapangan Futsal. (survey pada Konsumen Arena Futsal Score Purwokerto Timur).
Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen.Edisi 7. Prentice Hall. Jakarta
Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Terjemahan oleh Zoelkifli Kasip. Indeks, Jakarta
Setiawan, U dan Dhiana Patricaia. 2015. Pengaruh Citra Merek Harga Kualitas dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Gemini (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang)
Sholihah, & Kuswardani.(2009). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Ponsel Pada Remaja. Jurnal konsumti
Sumarwan, U. 2011. Prilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan kedua. Bogor : Ghalia Indonesia.
Susanty, Aries dan Najid Bangun Adisaputra. 2011. Pengaruh Brand Image Speedy Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kecamatan Banyumanik Semarang, J@TI Undip, Vol VI, No 3, September 2011
Sutojo, 2004, Membangun Citra Perusahaan, Damar MUlia Pustaka, Jakarta
Swastha, B. dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.
Utami, Widya Cristina. 2006. Manajemen Ritel, Jakarta: Salemba Empat
Published
2020-04-02
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 638 times
PDF downloaded = 462 times