PENGARUH EXTERIOR, GENERAL INTERIOR, STORE LAYOUT DAN INTERIOR DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TRIO WONOSOBO
Exterior, General Interior, Store Layout , Interior Display dan Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Exterior, General Interior, Store Layout dan Interior Display terhadap Keputusan Pembelian di Trio Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling (pengambilan sampel secara tidak acak) dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Untuk mengetahui pengaruh exterior, general interior, store layout dan interior display terhadap keputusan pembelian di Trio Wonosobo.
Adapun hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara variabel exterior, general interior, store layout dan interior display terhadap keputusan pembelian di Trio Wonosobo. Dengan hasil dari regresi linier berganda menunjukkan bahwa besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,506 artinya bahwa 50,6 persen variasi dari variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel exterior, general interior, store layout dan interior display. Sedangkan sisanya sebesar 49,4 persen dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan di dalam model. Hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung = 28,121 > Ftabel = 2,45, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model penelitian ini dapat dikatakan sudah tepat.
Downloads
References
Ashari L.B, Hufron M, M. Khoirul ABS, 2017 Pengaruh store layout, Interior display, human variable terhadap keputusan pembelian di Ramayana mall dinoyo city malang. E-jurnal riset manajemen prodi manajemen fakultas ekonomi Unisma.
Barry Berman, Joel R.Evans, (2001). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.
Berman, Barry, and Joel R. Evans. 2004. Retail Management. New Jersey.
Berman, Barry, and Joel R. Evans. 2007. Retail Management. New Jersey: Prentice Hall.
Berman, Barry, and Joel R. Evans.2007. Retail Management a Strategic Approach. Edisi 10. Pearson Prentice Hall, New Jersey.
____. 2010. Retail Management a Strategic Approach. New York: Macmillan Publisihing Company.
Berman, Barry & Joel R. Evans. (2010). Retail Management, a Strategic Approach, (8th Edition). New Jersey: Pearson.
Berman, Barry & Joel R. Evans. 2011. Retail Management, a Strategic Approach, (8th Edition). New Jersey: Pearson.
Dessyana J.C, 2013 Store Atmosphere pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di texas chicken multimart II manado. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi.
Fitriani L.K, Usti Y.M, 2018 Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Terbit Kuningan (survey pada konsumen toserba terbit kuningan). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.
Gariswasita A, 2015, Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian (studi pada five point coffe and chocolate semarang). Program studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : Badan Penerbitan Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : Badan Penerbitan Universitas Diponegoro
Hair J.F. et.al (1995), “Multivariate Data Analysis With Reading”, Fourth Edition, Prentice Hall. New Jersey
Juwari, Hadiyatno D, Indriastuty N, 2017, Store atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian pada retailer giant ekstra Balikpapan. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Ekonomi dan Bisnis.
Kolter, dan Amstrong, (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kolter, P. & Gary, A. (2007). Principles of marketing. Prentice-Hall International, Inc: New Jersey.
Kolter, Philip, (2000), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta.
Kolter Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi tiga belas. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: PT. Indeks.
Kolter Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi tiga belas. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: PT. Indeks.
Levy, Michael and Barton A. Weitz. 2001. Retailing Management. Fourth Edition. New York: McGraw-Hill Irwin.
Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2007). Retailing Management (8th ed). New York, America:McGraw-Hill/Irwin.
Levy & Weitz. 2014. Retailing Management 9th Edition. New York: Mc Graw-Hill International.
Mandasari R, Sugiman F, 2015, Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada senctury di Surabaya. Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.
Novalia N, 2018. Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian pada mutiara super kitchen bandung. Program studi manajemen fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung.
P Kolter, 2004, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan dan Pengendalian), Terjemahan Drs. Jaka Wasana MSM, Institut dan Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi kelima, Erlangga, Cetakan Ketujuh, Jakarta, 1996.
P Kolter, Keller, 2007, Manajemen Pemasaran I Edisi ke 12, PT.Indeks Jakarta
Schiffman, K. & Kanuk. L. L. (2000). Consumer behavior (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Schiffman, Leon dan Kanuk Leslie Lazar. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Indeks.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Syahputra, Katarika D.M, 2017 Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Coffe Shop di Bandung. Jurnal Ecodemica Universitas Telkom.
Trenggana A.F.M, Antari S, 2016, Pengaruh store atmosphere terhadap keputuan pembelian pada nom nom eatery bandung. E-proceeding of management : vol. 3, No.1 April 2016 Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Tumbun R.R, Tommy P, Tumbuan W.J.F.A, 2017, Pengaruh atmosfer toko terhadap keputuan pembelian pada konsumen yang berbelanja di UD Cahaya lestari tateli tiga. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.
Turley & milliman. 2000. Atmospheric Effects on Shopping Behavior : A Review of the Experimental Evidence. Journal of Business Research, 49, 193-211.
Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, Christina Whidya. 2014. Manajemen Ritel Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, C. W., 2010. Manajemen Ritel. 2 ed. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, C. W., 2017. Manajemen Ritel. 2 ed. Jakarta: Salemba Empat.
William Chandra Kurniawan, Kardinal, 2018 Pengaruh Exterior, General Interior, Store Layout Dan Interior Display Terhadap Keputusan Pembelian Di Cilupbah Shop Palembang Jurusan Manajemen STIE Multi Data Palembang
Yuliandi B, Nofiawaty, 2014 Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet Nyenyes Palembang. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Jurusan Manajemen.