PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA PENGUNJUNG RITA PASARAYA WONOSOBO (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSIQ)

  • Ainun Rizqiyatul Mahmudah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
Keywords:
shopping lifestyle, fashion involvement, discount

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan discount terhadap impulse buying pada mahasiswa pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an yang berbelanja dan melakukan impulse buying atau pembelian tidak direncanakan di Rita Pasaraya Wonosobo. Teknik pengambilan menggunakan non probability sampling dengan jenis teknik sampling purposive. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Hamidi karena jumlah populasi yang sudah diketahui secara pasti. Berdasarkan hasil perhitungan rumus tersebut pengambilan sampel penelitian ini adalah 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan nilai thitung sebesar 6,931 dan nilai signifikansi 0,000. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan fashion involvement terhadap impulse buying dengan nilai thitung sebesar 2,065 dan nilai signifikansi 0,042. (3) terdapat pengaruh positif dan signifika discount terhadap impulse buying dengan nilai thitung sebesar 4,729 dan nilai signifikansi 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung.
Basu Swasta. 2007. Azas - Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Chang. 2014. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involment Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud 2016,Vol.5, No. 8, pp. 5264 – 5273.
Darma dan Japarianto. 2014. Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying denagn Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 8 Iss 2 pp 1907-235.
Dewi Mustika Sari. 2016. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Jogja City Mall Yogyakarta. E-Jurnal Manajemen Unud.
Edwar Muhammad dan Yessica Tri Amanda Putri. 2016. Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Fanani Dahlan, Imam Suyadi dan Dian Sukma Andriyanto. 2016. Pengaruh Fashion Involvement dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Survey pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. E-Jurnal Manajemen Unud.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivvariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Herabadi. 2003. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying behavior Masyarakat di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud 2016, Vol.5, No.8, pp. 5264-5273.
I.Gst Ayu Kt.Giantari dan Deviana D Ni Putu Siska. 2016. Pengaruh Shopping Lifestyle dan fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran 2. Edisi ke duabelas. Jakarta: PT Index.
Kusumaningsih Arista. 2018. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Karita Muslim Square Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis.ejournal.
Nisrina Salma. 22019. IFW 2019 targetkan Transaksi Rp 100 Miliar. (On-line). SWA. http://swa.co.id/swa/trends/ifw-2019targetkan-transaksi-rp100-miliar.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda Karya.
Tielung Maria V.J, Meigie Putri Dalihade dan James D.D massie. 2017. Pengaruh Potongan Harga dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Journal.feb.unmul.ac.id.
Trihudiyatmanto, M. (2019, February 1). Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM (Studi Empirik Pada UMKM Pande Besi di Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 2(1), 22-32. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v2i1.397.
Widiartanto, Bulan Prabawani dan Manggiasih Febrisa Pawestri. 2015. Pengaruh Discount, Merchandising dan Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Konsumen Robinson Departement Store Mall Ciputra Semarang). Ejournal3.undip.ac.id
Published
2020-04-02
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 642 times
PDF downloaded = 568 times