ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN GADAI DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang)
sistem syariah, promosi, nilai taksir, prosedur pencairan pinjaman, biaya, dan permintaan gadai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem syariah, promosi, nilai taksir, prosedur pencairan pinjaman, dan biaya terhadap permintaan gadai di Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pada Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang yang berjumlah 2691. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 nasabah yang di dapat melalui teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem syariah, promosi, nilai taksir dan prosedur pencairan pinjaman berpengaruh positif sedangkan biaya berpengaruh negatif terhadap permintaan gadai.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ayu Seftiani. 2018. Pengaruh Nilai Taksiran, Biaya, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Kcp Raden Intan. UIN Raden Intan Lampung.
Busriadi. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Gadai Di Pegadaian Syariah Kota Jambi. Nur EL-Ialam.
Damanhur. 2011.Pengaruh Jumlah Taksiran Dan Uang Pinjaman Terhadap Laba Bersih Pada Perum Pegadaian Syariah. Lhokseumawe.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang. Badan Penerbit Undip.
Hamdani. 2008.Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba.
Http://Hedisasrawan.Blogspot.Co.Id/2014/01/25-Pengertian-Sistem-Menurut-Para-Ahli.Html
Http://Www.Pengertianahli.Com/2014/04/Pengertian-Promosi-Menurut-Para-Ahli.Html
Https://Pengertiandefinisi.Com/Pengertian-Syariah-Menurut-Para-Pakar/
Huda, Nurul Dan Mohamad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.
Jatun, Rengganing Dan Rizal Hari Magnadi. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Mengambil Pembiayaan Pada Kospin Jasa Layanan Syariah Pekalongan. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis: Vol. 4, No.2, Hlm. 1-10.
Kasmir. 2003. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta:Rajawali Pers.
Latifah, Mughni. 2013.Jurnal analisi permintaan gadai PT. Pegadaian di indonesia. Makassar.
Lestari, Alfi Mulikhah. 2015. Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
Lupiyoadi, Rambat Dan Hamdani. 2008.Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba.
Muhammad Samsul Arifin. 2013. Pengaruh Faktor Nilai Taksiran, Biaya-Biaya Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Emas Tunai Hebat (ETH) Di Solusi Tunai Cabang Krian Sidoarjo. UIN Surabaya.
Mutmainah, K. (2019, February 1). Analisis Determinan Kreativitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) (Studi Kasus di Inspektorat Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 2(1), 55-68. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v2i1.575
Nita Ainul Khasanah. 2014. Pengaruh Promosi, Harga Taksiran Barang, Dan Prosedur Pencairan Pinjaman Terhadap Minat Nasabah Non Muslim Dalam Pemilihan Produk Gadai Emas Di PT. Bank BRI Syariah KCP Gateway-Waru. UIN Surabaya.
Perum Pegadaian. 2013. Dokumen Pegadaian Syariah Jelutung. Kota Jambi.
Perum Pegadaian. 2013. Laporan Perkembangan Nasabah Dan Pinjaman Pegadaian Syariah. Jelutung Kota Jambi.
Rodoni, Ahmad. 2004. Lembaga Keuangan Syariah.Cetakan 1. Jakarta. Zikrul Hakim.
Sangadji, Etta Mamang &Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Dalam Penelitian.Yogyakarta. CV. Andi Offset.
Setyowati, Asih. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mendasari Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah Ups Ngabean Kartasura. Institut Agama Islam Negeri Surakarta
Soemitra, Andri. 2009.Bank Dan Lembaga Keuangan Syari’ah. Edisi Pertama.Cetakan Kelima.Jakarta. Prenadamedia Group.
Soemitra, Andri. 2009.Bank Dan Lembaga Keuangan Syari’ah. Jakarta. Prenada Me- Dia Group.
Sudiyana Anita Sari. 2013.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Gadai Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Probolinggo. Univeritas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung. Alfabeta
Sutedi, Adrian. 2011. Hukum Gadai Syariah. Bandung. Alfabeta.
Sutedi, Adrian. 2011. Hukum Gadai Syariah. Bandung. Afabeta.
Sutedi, Adrian. 2012.Hukum Keuangan Negara.Jakarta. Sinar Grafika.
Swasta Basu, DH Dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern,Edisi Kedua. Yogyakarta. Liberty.
Tedjakusuma, Ritawati, Sri Hartini Dan Muryani. 2001. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial.
Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA
Widiastuti, Eka. 2013. Kepatuhan Syariah Dalam Membangun Identifikasi Islamic Brands. Jurnal STIE Shariah Economic &Banking Institutute.
Winona Dwinie Putri. 2016.Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Pendapatan Usaha Pegadaian, Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Pemberian Kredit Gadai Syariah (Rahn) Pada Pegadaian Syariah Di Indonesia. UIN Jakarta.
Yulianti. 2015. Pengaruh Sistem Syariah, Kualitas Layanan, Dan Suku Bunga Terhadap Permintaan Kredit Gadai Di Indonesia. UIN Jakarta
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajat Interpratama Mandiri.