SUSTAINABILITY MARKETING AND CONSUMER LOYALTY: THE ROLES OF SATISFACTION AND ENVIRONMENTAL AWARENESS IN ORGANIC PRODUCTS
DOI:
https://doi.org/10.32500/jebe.v7i1.10252Keywords:
Sustainability marketing; customer satisfaction; consumer loyalty; environmental awareness; green productsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran berkelanjutan terhadap loyalitas konsumen terhadap produk ramah lingkungan, khususnya makanan dan minuman organik, dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator dan kesadaran lingkungan sebagai moderator. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei, melibatkan 300 responden milenial dan Gen Z di Jawa Tengah. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran berkelanjutan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen. Selain itu, kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator dalam pengaruh pemasaran berkelanjutan terhadap loyalitas, sementara kesadaran lingkungan memperkuat hubungan antara pemasaran berkelanjutan dan loyalitas konsumen. Profil demografis responden didominasi oleh kelompok muda, berpendidikan, dan peduli terhadap konsumsi berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa praktik pemasaran berkelanjutan yang autentik dan pengalaman konsumsi yang memuaskan merupakan faktor kunci dalam membangun loyalitas konsumen, terutama bagi konsumen yang peduli lingkungan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis bagi literatur tentang pemasaran berkelanjutan dan perilaku konsumen, sekaligus memberikan implikasi praktis bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen produk ramah lingkungan..
References
Aurier, P., & N’Goala, G. (2010). The differing and mediating roles of trust and relationship commitment in service relationship maintenance and development. Journal of the Academy of Marketing Science, 38(3), 303–325. https://doi.org/10.1007/s11747-009-0163-z
Bhattacharyya, J., Dash, M. K., Hewege, C. R., Balaji, M. S., & Lim, W. M. (2021). Social and Sustainability Marketing: A Casebook for Reaching Your Socially Responsible Consumers through Marketing Science. In Social and Sustainability Marketing: A Casebook for Reaching Your Socially Responsible Consumers through Marketing Science (Issue September). https://doi.org/10.4324/9781003188186
Graça, S., & Kharé, V. (2024). The Influence of GPV, Trust and Satisfaction on Intention to Buy Green Products in Germany and Brazil. Journal of Sustainability Research, 6(2). https://doi.org/10.20900/jsr.20240013
Gupta, S., & Zeithaml, V. (2006). Customer metrics and their impact on financial performance. Marketing Science, 25(6), 718–739. https://doi.org/10.1287/mksc.1060.0221
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Sage Publications. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/a-primer-on-partial-least-squares-structural-equation-modeling-pls-sem/book270548
