PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANIMAKER PADA RAUDHATUL ATHFAL FATHU AL-BAROKAH

  • Firman Firman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Indri Anugrah Ramadhani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Melli Julaikha Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords:
Media Pembelajaran, Huruf hijaiyah, Animaker, RnD (Research and Development)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animaker yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Metode penelitian menggunakan metode RnD (Research and Development), menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif pengenalan huruf hijaiyah berbasis animaker diperoleh hasil validasi dari dua validator antara lain ahli materi yaitu presentase rata-rata 97% dan ahli media yaitu presentase rata-rata 98% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. tingkat kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari angket responden hasil yang didapatkan yaitu presentase rata-rata yaitu 90,7% yang termasuk ke dalam kriteria “Sangat Praktis”, tingkat keefektifan media diperoleh dari angket responden hasil yang didapatkan yaitu presentase rata-rata yaitu 91% yang termasuk ke dalam kriteria “Sangat Efektif”. Media pembelajaran dapat digunakan untuk diuji coba ketahap berikutnya berupa uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Peneliti melakukan uji coba skala kecil dengan hasil penilaian pada tahap ini masuk dalam kategori “sangat baik” dengan presentase rata-rata 88%. Kemudian uji coba skala besar dengan hasil penilaian pada tahap ini masuk dalam kategori “sangat baik” dengan presentase rata-rata 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animaker valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwar. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Dick and Carey (1996). The Systematic Dessign of Instuction, New York :Harper Collins Publishers.
Hermanto, H., Sudaryanto, S., & Febriana, C. (2020). Pengembangan Buku Berbasis Ensiklopedia Untuk Mata Kuliah Budaya Indonesia Program Darmasiswa. Pena Literasi, 3(1), 20-28.
Kustandi, Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.
Riza, A. (2021). Penerapan UTS dan UAS Berbasis Online menggunakan Moodle 3.10 Pada Smk Muhammadiyah Salawati. Skripsi: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong.
Sudjana, N, Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suryani, N. dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2022-11-30
How to Cite
FirmanF., RamadhaniI., & JulaikhaM. (2022, November 30). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANIMAKER PADA RAUDHATUL ATHFAL FATHU AL-BAROKAH. Device, 12(2), 120-128. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v12i2.3542
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 199 times
PDF downloaded = 150 times