PENGARUH QUENCHING TERHADAP KEKERASAN DAN KETANGGUHAN BAJA AISI 4340 PADA PROSES PACK CARBURIZING DENGAN KATALIS BARIUM KARBONAT (BaCO3) DAN KALSIUM KARBONAT (CaCO3)

  • Irsam Maulana Masoli Universitas PGRI Semarang
  • Slamet Supriyadi Universitas PGRI Semarang
  • Hisyam Ma'mun Universitas PGRI Semarang
Keywords:
Pack Carburizing, Baja AISI 4340, Katalis, Quenching

Abstract

Proses pack carburizing adalah proses meningkatkan kekerasan suatu materi dengan menambahkan unsur karbon dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pack carburizing terhadap nilai kekerasan dan ketangguhan baja AISI 4340 setelah dilakukan proses pack carburizing dengan variasi katalis dan media quenching. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah baja AISI 4340 yang termasuk dalam jenis baja paduan rendah atau low alloy. Dalam penelitian ini jenis karbon yang digunakan adalah arang tempurung kelapa dengan penambahan katalis BaCO3 dan CaCO3 sebesar 30% dari berat arang, dipanaskan pada temperatur 900˚C dan holding time 180 menit, media quenching yang digunakan yaitu oli dan air. Untuk mengetahui hasil dari proses pack carburizing dilakukan pengujian kekerasan serta pengujian ketangguhan, dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai kekerasan rata-rata tertinggi pada spesimen dengan penambahan katalis BaCO3 dan media quenching air sebesar 663.7 HV. Nilai ketangguhan mengalami penurunan dari raw material dengan nilai tertinggi sebesar 0.60 J/mm2 menggunakan katalis CaCO3 dan media quenching oli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriany, R., Asmadi, & Nuryanti, S. Z. (2016). Analisa Pengaruh Variasi Katalis Baco3, Naco3 Dan Caco3 Pada Proses Karburasi Baja Karbon Sedang Dengan Pendinginan Tunggal. Jurnal Ilmiah “TEKNIKA“, 4(1), 38–50.
Hafni, & hadi Syafrul. (2016). Pengaruh Komposisi Arang Aktif Dan Kalsium Karbonat Pada pack Carburizingterhadap Microstructure. JURNAL IPTEKS TERAPAN, 1(1), 1–7.
Handoyo, Y. (2013). Perancangan Alat Uji Impak Metode Charpy Kapasitas 100 Joule. Jurnal Imiah Teknik Mesin, 1(1), 17–25.
Harahap, V., & Harahap, M. H. (2013). Pengaruh Karakteristik Pasir Merah Labuhan Batu Selatan Terhadap Sifat Mekanik (Uji, SEM, Difraksi Sinar X, Uji Impak) dari Beton. Jurnal Einstein, 1(2), 64–75.
Iman, S., Haryadi, Zahrawani, A., & Adjiantoro, B. (2018). Pengaruh Proses Quenching Dan Tempering Terhadap Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Baja Karbon Rendah Dengan Paduan Laterit. Jurnal Teknik Mesin, 4(1), 56–64
Istiqlaliyah, H., Ratnaning, K., & Baihaqi, M. (2016). Pengaruh Variasi Media Karburasi Terhadap Kekerasan Dan Kedalaman Difusi Karbon Pada Baja ST 42. 1, 138–142.
Negara, D. N. K. P., & Muku, I. D. M. K. (2015). Pack Carburizing Baja Karbon Rendah. Jurnal Energi Dan Manufaktur, 7(1), 167–172.
Pramono, A. (2011). Karakterisrik Mekanik Proses Hardening Baja Aisi 1045 Media Quenching Untuk Aplikasi Sprochet Rantai. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(1), 32–38.
Prawira, M. Z., Sisworo, S. J., & Samuel. (2015). Pengaruh Perbedaan Suhu Terhadap Kekuatan Impact Alumunium 5083 Hasil Pengelasan Tungsten Inert Gas. Jurnal Teknik Perkapalan, 66(3), 382–383.
R. Bagus Suryasa Majanasastra. (2013). Analisis Simulasi Uji Impak Baja Karbon Sedang (AISI 1045) dan Baja Karbon Tinggi (AISI D2) Hasil Perlakuan Panas. Jurnal Imiah Teknik Mesin, 1(2), 61–66.
Rinaldi, G., & Rumendi, U. (2018). Material St 37 Pada Proses Karburasi Dengan Metoda Single Distribusi Kekerasan , Dan Struktur Mikro Material St 37 Pada Proses Karburasi Dengan Metoda Single Quenching Dan Direct Quenching . STEMAN, April.
Sadiana, R. (2020). Pengaruh Ukuran Mesh Serbuk Batubara Proses Karburasi Padat Pada Baja Aisi 4130 Terhadap Nilai Kekerasan Dan Ketangguhan. 9(1), 25–30.
Saparin. (2016). Pemanfaatan Cangkang Buah Karet Sebagai Alternatif Carburizer Pada Proses Pack Carburizing Baja Karbon Rendah St . 37. Jurnal Teknik Mesin, 2(2), 17–22.
Sunardi, Lusiani, R., & Fitra, A. O. (2013). Pengaruh Pack Carburizing dan Kekasaran Permukaan Terhadap Umur Fatik Material Poros Baja S45C. Jurnal Foundry, 3(2), 7–12.
Sundari, E., Fahlevi, R., & Besar, B. (2018). Analisa Pengaruh Pack Carburizing Terhadap Sifat Mekanis Sprocket Imitasi Sepeda Motor Menggunakan Arang Kayu Gelam Dan Serbuk Cangkang Remis Sebagai Katalisator. Jurnal Austenit, 10(2), 33–39.
Umartono, A. S., & Awali, S. (2015). Analisa Kegagalan Proses Heat Treatment Baja Sup-9 Pada Pembuatan Pegas Daun. Jurnal Keilmuan Dan Terapan Teknik, 04(1), 55–75.
Yahyaa, Nukman, & Chandra, H. (2013). The Carburizing Process of Low Carbon Steel with Charcoal Media. Journal of Mechanical Science and Engineering ISSN (Online):2354-9467, 1(1), 1–6.
Zuchry, M. (2011). Pengaruh Karburasi Dengan Variasi Media Pendingin Terhadap Micro Struktur Baja Karbon. Mektek, 13(2), 76–79.
Published
2021-05-31
How to Cite
MasoliI., SupriyadiS., & Ma’munH. (2021, May 31). PENGARUH QUENCHING TERHADAP KEKERASAN DAN KETANGGUHAN BAJA AISI 4340 PADA PROSES PACK CARBURIZING DENGAN KATALIS BARIUM KARBONAT (BaCO3) DAN KALSIUM KARBONAT (CaCO3). Device, 11(1), 45-51. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v11i1.1798
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 171 times
PDF downloaded = 178 times