E-COMMERCE PADA UMKM DESA WISATA

  • intan oktaviani universitas duta bangsa surakarta
  • Indah Nofikasari Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Marta Ardiyanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords:
Marketplace, Covid-19, Rule Based Expert System

Abstract

Kawasan objek wisata Ngargoyoso adalah bagian objek wisata di Kabupaten Karanganyar yang populer khususnya di Jawa Tengah. Di kawasan wisata ini terdapat banyak sekali usaha kecil dan menengah (UKM) yang menawarkan berbagai produk terutama produk asli dari Ngargoyoso. Penggunaan teknologi informasi untuk menunjang pemasaran dan promosi produk setempat yaitu degan Electronic Marketplace yang didalamnya terdapat menu jual dan beli dengan model website diharapkan dapat menambah penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Permasalahan dialami oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah dikawasan Desa Wisata Ngargoyoso adalah model penjualan yang dilakukan masih konvesional serta promosi yang dilakukan masih sangat terbatas, hanya terbatas untuk wilayah sekitar. Bahkan terkadang wisatawan yang berkunjungpun tidak mengetahui letak lokasi dari UKM yang terdapat di desa wisata Ngargoyoso. Dan juga banyak wisata yang belum tahu apa saja produk dari UKM serta lokasinya, mengingat saat ini di desa wisata Ngargoyoso belum ada pasar atau toko fisik untuk memasarkan oleh-oleh khas hasil produk UKM didesa Ngargoyoso. Hal tersebut mengakibatkan beberapa produk-produk UKM yang belum terekspos keluar. Padahal pada masa pandemik COVID-19 seperti saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung di desa wisata Ngargoyoso berkurang, tentu hal tersebut sangat mempengaruhi nilai pendapatan UKM yang terdapat di desa wisata Ngargoyoso. Dengan demikian, penerapan Electronic Marketplace dengan Rule Based Expert System dapat dimafaatkan sebagai media promosi dan jual serta beli dengan jangkauan luas. Analisis kinerja penerapan Electronic Marketplace dengan Rule Based Expert System merupakan salah satu tujuan dialaksanakan penelitian ini. Dari segi Urgensi penelitian, hasil penelitian ini adalah Electronic Marketplace dengan Rule Based Expert System dapat dimanfaatkan oleh UKM di desa wisata Ngargoyoso, sehingga ketahanan ekonomi pada masa pandemi COVID-19 di desa Ngargoyoso dari segi pendapatan UKM dapat berlangsung dengan baik. Pendekatan penelitian dilakukan dengan Design Based Research yakni kombinasi antara desain dan permasalahan ilmiah yang terjadi di lapangan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

www.disparpora.karanganyar.go.id
www.karanganyarkab.bps.go.id
Republik Indonesia,1998 Nomor 99 Tahun 1998 tentang Bidang/Jenis Usaha Yang Dicadangkan Untuk Usaha Kecil Dan Bidang/Jenis Usaha Yang Terbuka Untuk Usaha Menengah Atau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan . Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
Achmad Solichin, 2016. “Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL”, Penerbit Budi Luhur.
Bariah, Siti Husnul. 2015. Implementasi Pendekatan Semantic Object Model Pada Rancangan Database Penatausahaan Aset Fasilitas Kantor. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.5 No.2:28-37 (diakses pada 17 Maret 2019 pukul 12.45).
Corrot, P, 2014, Marketplace : the future of ecommerce. Mirakl.
Hadi, F., Arlis, S., & Hariyanto, S. (2017). Perancangan Aplikasi Pencarian Labor Dan Lokal Untuk Kuliah Pengganti Di Universitas Putra Indonesia “Yptk” Padang. Jurnal Teknologi, 7(1). Vol 7, No 1 (2017) E- ISSN : 2541-1535 ISSN : 2301-4474
Hanief,Shofwan dan Pramana,Dian, 2018, Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta:ANDI.
Hasan, O., & Sentinuwo, S. (2017). Pemodelan dan Simulasi Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Menggunakan Model Cellular Automata. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, Vol 10, No. 1, ISSN : 2301-8364
Hidayatullah. Priyanto, Jauhari. Khairul Kawistara. 2015. “Pemrograman Web”. Bandung : Informatika.
H. T. Sihotang, “Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman jagung dengan metode bayes,” J. Inform. Pelita Nusantara, vol. 3, no. 1, 2018.
Kodong, F. R. (2012). Model Aplikasi E-Market Sebagai Sarana Promosi Dan Tukar Menukar Informasi. Prodi Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta, 75–84.
M. Muslihudin Oktafianto, 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : CV.Andi Offset.
M. Sandi, Bikin Website Dengan Aplikasi-Aplikasi Gratis. Yogyakarta: Mediakom, 2014.
Published
2022-11-30
How to Cite
oktaviani intan, NofikasariI., & ArdiyantoM. (2022, November 30). E-COMMERCE PADA UMKM DESA WISATA. Device, 12(2), 154-159. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v12i2.3588
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 293 times
PDF downloaded = 152 times

Most read articles by the same author(s)