ANALISIS KUALITAS APLIKASI GOOGLE MEET PADA PROSES KEGIATAN RAPAT DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

  • Prihastanto prihastanto universitas indraprasta
Keywords:
kualitas sistem,kualitas informasi,kepuasan penguna,

Abstract

Aplikasi meeting saat ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan baik untuk keperluan bekerja ataupun proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sistem pada penggunaan aplikasi rapat atau proses belajar sehingga dapat memberikan rekomendasi kepada karyawan ataupun mahasiswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metodologi survey research, dimana data-data yang digunakan untuk proses analisis dan pembahasan dikumpulkan melalui survei (menggunakan kuesioner) terhadap para pengguna aplikasi meeting jarak jauh. Dari hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan penggunaan aplikasi meeting dan juga meningkatkan efisiensi waktu serta efesiensi biaya didalam melakukan kegiatan pekerjaan ataupun belajar dan juga sebagai referensi bagi penelitian di masa yang akan datang.

Untuk penelitian ini, kualitas website https://meet.google.com diukur dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas kegunaan yang paling baik yaitu website menyediakan interaksi yang jelas sedangkan yang paling buruk yaitu website tidak memiliki kompetisi, kemudian kualitas informasi yang paling baik yaitu menyediakan website yang dapat dipercaya sedangkan yang paling buruk yaitu website tidak menyediakan informasi yang detail serta kualitas interaksi pelayanan yang paling baik yaitu website memberikan keamanan sedangkan yang paling buruk yaitu website tidak memberikan kemudahan untuk menyampaikan masukkan dan ketiga variabel Webqual 4.0, yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi pelayanan akan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Kata Kunci : kualitas sistem,kualitas informasi,kepuasan penguna,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Barnes SJ, Vidgen R, 2003, Measuring Website Quality Improvement : A Case study of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management and Data Systems 103:297-309,
Riduwan, 2009, Skala Pengukuran Variabel-Variabel,Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Syaifullah, 2016, Pengukuran Kuaitas Website mengunakan Metode Webqual 4.0, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi.
Mediyawati, Henny, dkk. Juni 2012, Model Pengukuran Kualitas Layanan Website E-Banking di Indonesia. Jurnal SNATI.
Johanes Fernandes Andry, Gary Juliawan, Hosea,Johan Wijaya, 2019,PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE ELEVENIA MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANNALYSIS, CESS (Journal of Computer Engineering System and Science).
V Wiratna Sujarwni, 2014, SPSS untuk penelitian, Yogyakarta .
Sutanto P. Angkoso , Andre N Rahmanto,Yulius Slamet, 2017, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS INFORMASI PELAYANAN BIDANG AKADEMIK KEPADA MAHASISWA,Jurnal Manajemen Komunikasi
Rika Wulandari, 2016, Analisis Quality of Service pada Jaringan Internet,Jurnal,
Published
2020-11-30
How to Cite
prihastantoP. (2020, November 30). ANALISIS KUALITAS APLIKASI GOOGLE MEET PADA PROSES KEGIATAN RAPAT DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Device, 10(2), 5-12. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v10i2.1492

STATISTICS

Abstract viewed = 186 times
PDF downloaded = 171 times