APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1-3 SDN MAJATENGAH BERBASIS ANDROID
Matematika, android, Practice Math
Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang menuntut siswanya berfikir secara logis, kritis, tekun, kreatif, inisiatif, sehingga diharapkan karakteristik terdapat pada siswa yang mempelajari Matematika. Berdasarkan hasil observasi, siswa sekolah dasar saat ini khususnya di SDN Majatengah, minat belajar pada pelajaran Matematika masih tergolong minim sehingga masih terdapat siswa yang tidak menyukai mata pelajaran Matematika dan cenderung menganggap pelajaran Matematika sebagai pelajaran yang sulit. metode pembelajaran Matematika yang diajarkan masih berfokus pada buku paket sehingga mengakibatkan anak - anak cepat bosan, dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yang mampu menarik minat belajar siswa dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran Matematika berbasis android “Practice Math” pada SDN Majatengah agar dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kapanpun dan dimanapun. Aplikasi pembelajaran ini dibuat menggunakan Metode Prototype. Diharapkan dengan adanya aplikasi “Practice Math” ini, dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar dan mengajar agar lebih mudah dipahami dan dapat meningkatkan minat serta nilai mereka dalam mata pelajaran Matematika.
Downloads
References
[2] Ahdan, S., Sucipto, A., & Agus Nurhuda, Y. (2019). Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android Game to Stimulate Children’s Multiple Intelligence Based on Android. Senter 2019, November, 554–568.
[3] Shalahudin, R. A. S. dan M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak dan Struktur dan Berorientasi Objek. Informatika.
[4] Puspita, W. (2023). Analisis Penggunaan Software Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus : Smp It Jabal Noor Medan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(4), 415–421. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i4.2262
[5] Islahyati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Konsep Matematis Kelas V SDN Prapag Kidul 01 brebes. 1–108.
[6] L, J. M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). PT. Remaja Rosdakarya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).