APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1-3 SDN MAJATENGAH BERBASIS ANDROID

  • Aura Yudha Qoyyun STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara
  • Heni Rahmawati STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara
  • Ida cahyani STIMIK Tunas Bangsa
Keywords:
Matematika, android, Practice Math

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang menuntut siswanya berfikir secara logis, kritis, tekun, kreatif, inisiatif, sehingga diharapkan karakteristik terdapat pada siswa yang mempelajari Matematika. Berdasarkan hasil observasi, siswa sekolah dasar saat ini khususnya di SDN Majatengah, minat belajar pada pelajaran Matematika masih tergolong minim sehingga masih terdapat siswa yang tidak menyukai mata pelajaran Matematika dan cenderung menganggap pelajaran Matematika sebagai pelajaran yang sulit. metode pembelajaran Matematika yang diajarkan masih berfokus pada buku paket sehingga mengakibatkan anak - anak cepat bosan, dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yang mampu menarik minat belajar siswa dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran Matematika berbasis android  “Practice Math” pada SDN Majatengah agar dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kapanpun dan dimanapun. Aplikasi pembelajaran ini dibuat menggunakan Metode Prototype. Diharapkan dengan adanya aplikasi “Practice Math” ini,  dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar dan mengajar agar lebih mudah dipahami dan dapat meningkatkan minat serta nilai mereka dalam mata pelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ilmiah, J., Shufairo, S., & Jepara, U. (2024). Scientica Scientica. 2, 1–6.
[2] Ahdan, S., Sucipto, A., & Agus Nurhuda, Y. (2019). Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android Game to Stimulate Children’s Multiple Intelligence Based on Android. Senter 2019, November, 554–568.
[3] Shalahudin, R. A. S. dan M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak dan Struktur dan Berorientasi Objek. Informatika.
[4] Puspita, W. (2023). Analisis Penggunaan Software Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus : Smp It Jabal Noor Medan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(4), 415–421. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i4.2262
[5] Islahyati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Konsep Matematis Kelas V SDN Prapag Kidul 01 brebes. 1–108.
[6] L, J. M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). PT. Remaja Rosdakarya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Published
2024-01-31
How to Cite
[1]
QoyyunA., RahmawatiH., and cahyaniI., “APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1-3 SDN MAJATENGAH BERBASIS ANDROID”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 1-7, Jan. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 163 times
PDF downloaded = 54 times