APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN OBJEK DALAM BAHASA INGGRIS “ANSWER ME” BERBASIS ANDROID

  • Renanda Rizqi Syahputra STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara
  • Ida cahyani STIMIK Tunas Bangsa
Keywords:
game edukasi, pembelajaran, bahasa inggris, android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sebuah aplikasi game edukasi berbasis Android tentang pengenalan objek dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini dirancang untuk membantu dan mempermudah proses pembelajaran anak dalam mempelajari kosa kata bahasa Inggris dengan cara yang efektif, interaktif, dan menyenangkan. Metode waterfall digunakan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi, dengan fokus pada perencanaan tata letak, pemilihan objek yang relevan, dan penyusunan letak tampilan yang menarik bagi pengguna. Sebelum game dibuat, dilakukan analisis kebutuhan hardware dan software, kemudian dilakukan desain diagram menggunakan use case, activity, sequence, antarmuka. Animasi dan suara ditambahkan pada objek untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pengguna. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan teknologi pemrograman Android dan dievaluasi dengan menguji keefektifan dan kemudahan penggunaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Ariati, N. (2021). Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 12(1), 23–28. https://doi.org/10.36982/jiig.v12i1.1542
[2]. Bellaniar Ismiati, M., Hermawan, L., & Widiastuti R., P. (2020). Aplikasi Pembelajaran English Grammar Berbasis Game Android. Jurnal Transformatika, 17(2), 177. https://doi.org/10.26623/transformatika.v17i2.1703
[3]. Damayanti, A., Hidayat, W., & Yunarso, E. W. (2017). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 4 SD (Studi Kasus: SDN Cimahi Mandiri 2). E-Proceeding of Applied Science, 3(3), 1216–1224.
[4]. M.Yamin. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.
[5]. Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
[6]. Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781
[7]. Solikah, B., Susilo, G., Kartika, I. S., Program, ), Informatika, S. T., Stmik Bina, ), Magelang, P., Raden, J., & No, S. (2016). Membangun Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Berbasis Multimedia. Jurnal TRANSFORMASI, 12(1), 1–7.
[8]. Sukanto, P. sokibi, & Ady Widjaja. (2020). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Sdit Sabilul Qur’an Cendikia. Jurnal Bahasa Rupa, 3(2), 83–94. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v3i2.440
Published
2024-07-31
How to Cite
[1]
SyahputraR. R. and cahyaniI., “APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN OBJEK DALAM BAHASA INGGRIS ‘ANSWER ME’ BERBASIS ANDROID”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 106-116, Jul. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times