SISTEM PAKAR REKOMENDASI BUKU BACAAN BERDASARKAN MINAT SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING
Abstract
Rendahnya minat baca di kalangan siswa sekolah dasar menjadi tantangan dalam peningkatan literasi di Indonesia, terutama di daerah pedesaan dengan keterbatasan sarana dan variasi buku bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pakar berbasis website yang dapat merekomendasikan buku bacaan sesuai dengan minat siswa menggunakan metode forward chaining. Sistem dirancang untuk menelusuri jawaban siswa terhadap sepuluh pertanyaan sederhana yang mencerminkan preferensi genre, gaya buku, dan karakter tokoh favorit. Proses inferensi dilakukan dengan mencocokkan fakta awal (jawaban siswa) dengan basis aturan IF–THEN yang telah disusun dalam tiga tingkat: penentuan genre, gaya buku, dan judul buku. Sistem ini dikembangkan menggunakan HTML, CSS, PHP, dan MySQL, serta diuji pada sepuluh siswa kelas 3–6 SD dengan minat baca yang bervariasi. Hasil sistem berupa rekomendasi buku dalam bentuk genre dan judul spesifik yang relevan dengan preferensi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode forward chaining efektif dalam menghasilkan rekomendasi yang personal dan aplikatif, serta berpotensi menjadi alat bantu dalam mendukung gerakan literasi anak sejak dini.
Downloads
References
[2] I. (Kalla I. Yusran, R, A, “Rendahnya Minat Literasi Di Indonesia,” Kalla Institute. Accessed: Jul. 07, 2025. [Online]. Available: https://kallainstitute.ac.id/rendahnya-minat-literasi-di-indonesia/
[3] D. Mardiah, “Systematic Literature Riview Terhadap Minat Baca di Indonesia,” J. Pena Ilm., vol. 5, no. 1, pp. 33–44, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/65274
[4] (Putra Sampoerna Foundation), “Budaya Membaca di Indonesia: Tantangan dan Penyebabnya.” Accessed: Jul. 07, 2025. [Online]. Available: https://www.sampoernafoundation.org/id/media/news/budaya-membaca-di-indonesia-tantangan-dan-penyebabnya
[5] I. Akil, “Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining Pada Sistem Pakar,” Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, p. 1, 2017.
[6] R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Editio. McGraw-Hill Education., 2015.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).