IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK INDUSTRI KONVEKSI DI KABUPATEN JEPARA BERBASIS WEB

  • Eka Dwi Lestari Sistem Informasi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Danang Mahendra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Noor Azizah Sistem Informasi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords:
Sistem Informasi Geografis (SIG), Algoritma Dijkstra

Abstract

Industri konveksi menjadi salah satu industri di kabupaten Jepara yang saat ini telah berkembang cukup  pesat. Besarnya peluang pasar dan tingginya kebutuhan konsumen menjadikan industri konveksi di kabupaten Jepara semakin hari kian bersinar terangnya. Hanya saja kurangnya informasi yang memadai mengenai pemetaan lokasi industri konveksi yang ada di kabuapten Jepara.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Sistem Informasi Geografis (SIG) pencarian rute terpendek industri konveksi dikabupaten Jepara dengan menggunakan Algoritma Dijkstra. Algoritma Dijkstra digunakan untuk menentukan rute terpendek berdasarkan bobot terkecil dari satu titik ketitik lainnya. Dengan SIG ini didapatkan visualisasi dalam bentuk web yang dapat digunakan user atau masyarakat untuk mengetahui informasi lokasi industri konveksi terdekat dari posisi user berada sesuai dengan filter pencarian yang sudah dilengkapi dengan estimasi jarak perjalanan lengkap dengan petunjuk arah

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Azizah, Nurulia. 2014. “Model Pengembangan Industri Kecil Konveksi Melalui Apik (Asosiasi Pengrajin Industri Konveksi) Di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur.” 3(2): 293–306.
[2] Ferdiansyah, Dan Ahmad Rizal. 2013. “Penerapan Algoritma Dijkstra Untuk Menentukan Rute Terpendek Pembacaan Water Meter Induk Pdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang.” Jurnal Ticom 2(1): 51–57.
[3] Harahap, Muhammad Khoiruddin, Dan Nurul Khairina. 2017. “Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra.” 2: 18–23.
[4] Haryana, Km. Syarif. 2008. “Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Php.” Jurnal Computech & Bisnis 2(1): 14–21.
[5] Hege, Yeremias Budi Liman, Uning Lesatri, Dan Kumalasari. Erna. 2014. “Sistem Informasi Geografis (Sig) Pelayanan Kesehatan Di Kotamadya Yogyakarta Berbasis Web.” 1(2): 168–75.
[6] Hendini, Ade. 2016. “Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak).” Khatulistiwa Informatika Iv(2): 107–16.
[7] Junanda, Berry, Denny Kurniadi, Dan Yasdinul Huda. 2016. “Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra Pada Sistem Informasi Geografis Pemetaan Stasius Pengisian Bahan Bakar Umum.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika 4(1): 1–8.
[8] Kamda, Deded Ramad, Dan Gushelmi. 2012. “Pemodelan Uml Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Ber- Basis Wap ( Studi Kasus : Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Upi ‘ Yptk ’ Padang ).” Ilmu Komputer 1(1): 24–44.
[9] Kosasi, Sandy. 2015. “Sistem InformasiGeografis Pemetaan Tempat Kost Berbasis Web.” Csrid (Computer Science Research And Its Development Journal6(3):171.Http://Csrid.Potensiutama.Ac.Id/Index.Php/Csrid/Articleview/30.
[10] Maharani, Septya, Dina Apriani, Dan Awang Harsa Kridalaksana. 2017. “Sistem
Published
2022-07-31
How to Cite
[1]
LestariE., MahendraD., and AzizahN., “IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK INDUSTRI KONVEKSI DI KABUPATEN JEPARA BERBASIS WEB”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 126-131, Jul. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 207 times
PDF downloaded = 122 times