RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATAN WARGA DI LINGKUNGAN RT/RW MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD BERBASIS WEBSITE

  • Danang Mahendra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords:
RT/RW, Warga, Panel Dasbor, Berbasis web

Abstract

RT/RW merupakan lembaga kemasyarakatan yang paling dekat dengan warga, dan dibentuk melalui musyawarah dalam rangka pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang diakui dan ditetapkan oleh Pemerintah Desa. Di era teknologi informasi, lingkungan RT/RW masih sangat minim dalam menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan warga seperti pelaporan keuangan RT, penulisan surat, penyampaian aspirasi, dan agenda kegiatan di lingkungan RT. Dengan memanfaatkan teknologi informasi di lingkungan tersebut, maka komunikasi dan aktivitas antara warga dengan perangkat desa seperti ketua RT dapat berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, dibuatlah sistem informasi berbasis web di lingkungan RT/RW yang diberi nama Smart dengan menggunakan panel dashboard yang dapat menampilkan infografis di lingkungan RT/RW.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, & Widodo, S. (2014). SISTEM INFORMASI RT/RW SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI WARGA BERBASIS WEB. SMATIKA JURNAL, 04.
Bachtiar, D., & Atikah. (2015). Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis Jaya Kota Tangerang. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 05.
Mulyawan, B., Trisnawarman, D., & Rusdi, Z. (2015). SISTEM INFORMASI ADMINSTRASI KEPENDUDUKAN RT/RW Studi Kasus: RW 24 Kel. Bojong Nangka. Karya Ilmiah Dosen Teknik Informatika.
Yanuardi. (2015, Oktober). PELAKSANAAN TUGAS RUKUN TETANGGA DAN RUKUN WARGA (RT/RW) KELURAHAN DELIMA PEKANBARU. Jom FISIP, 2. Dipetik April 5, 2018
Rasmussen, Bansal, & Chen. 2009 Business Dashboards: A Visual Catalog for Design and Development, New Jersey: John Wiley & Sons.
Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
MahendraD., “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATAN WARGA DI LINGKUNGAN RT/RW MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD BERBASIS WEBSITE”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 34-42, Jan. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 359 times
PDF downloaded = 280 times