PERANCANGAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MTS NU TBS BANAT
MTs NU TBS Kudus, Computer Based Test, Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru
Abstract
Pelaksanaan penerimaan siswa baru di MTs. NU TBS dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, tes seleksi, pengumuman penerimaan mahasiswa dan pendaftaran ulang. Dalam pelaksanaan tes seleksi penerimaan siswa baru di MTs. NU TBS Kudus saat ini masih berjalan dengan menggunakan tes konvensional yaitu menggunakan kertas, hal ini mengakibatkan pengelolaan seleksi penerimaan mahasiswa baru tidak dapat berjalan secara maksimal. Jadwal tes seleksi membutuhkan waktu lama untuk diproses. Hal ini mengakibatkan banyak orang tua yang mengeluhkan rentannya waktu tahap pendaftaran dan pelaksanaan tes seleksi karena menunggu jadwal tes seleksi dari panitia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan tes seleksi, diperlukan suatu sistem aplikasi yang dapat membantu dan mempermudah pelaksanaan tes seleksi penerimaan mahasiswa baru secara langsung. Aplikasi Computer Based Test (CBT) Seleksi Penerimaan Siswa Baru di MTs NU TBS Kudus merupakan aplikasi tes seleksi dengan menggunakan komputer.
Hasil akhir yang diperoleh berdasarkan uji coba pada responden adalah Aplikasi Computer Based Test (CBT) Seleksi Penerimaan Siswa Baru di MTs NU TBS dapat berfungsi dengan baik, dapat meningkatkan kualitas pelayanan.
Downloads
References
Berbasis Web (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Kuta-Bandung).Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer (JUTIK), 2(1),165-177.
[2] Hidayat, Wahyu, Fauzi Maaruf, S.B (2019). Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Pengunjang Promosi Dan Informasi Di PT. Wans Desain Group. Jurnal CERITA Vol. 2 No. 1-Februari 2016.,2008
[3] Lestari Dwi (2017). Penggunaan Computer Based Test (Cbt) Sebagai Sarana Evaluasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Penilaian Pada Mata Pembelajaran Di SNA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran Instrumen Evaluasi Pembelajaran 1-10
[4] Novrianti, N. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (Cbt) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1),34-42
[5] Suryadi,A. (2018) Erancangan Aplikasi Tes Berbasis Komputer (Cbt) Menggunaan Pendekatan Terstruktur Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi, Jurnal Petik, 1(1), 68.
https://doi.org/10.31980/jpetik.vlil.59
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).