pengelolaan kelas pada mata PAI kelas IX Di SMP N 3 Kertek Wonosobo

  • rian adam priatna PAI/FITK
  • Rifqi Muntaqo
  • hidayatu munawaroh
Keywords:
pengelolaan kelas,prestasi,mata pelajaran PAI

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk :1) Untuk mengetahui konsep pengelolaan kelas pada mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IX di SMP N 3 kertek Wonosobo. 2) Untuke mengetahui pengelolaan kelas pada mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IX yang dilaksanakan di SMP N 3 Kertek Wonosobo. 3) Untuk mengetahui apa faktor yang menghambat dan mendukung dalam menerapkan pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IX pada mata Pelajaran PAI Kertek Wonosobo.

Skripsi ini menggunakan pendekatan peneliatian kualitatif lapangan subjek penelitian meliputi kepala sekolah,guru mapel,dan siswa kelas IX SMP N 3 Kertek Wonosobo.Teknik pengumpulan datab menggunakan metode obserasi,wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah penilitian sendiri keabsahan data menggunakan data perpanjangan pengamatan, ketekunan menggunakan bahan referensi dan member chek. Adapun Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) konsep pengelolaan kelas pada mata Pelajaran PAI pada pembelajaran di SMP N 3 Kertek Wonosobo ialah doa Bersama,mengaji BTQ, Sholat Dhuhur berjamaah.2)pengelolaan kelas pada mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IX dilakukan dengan Cara pembiasaan-pembiasaan penataan ruang kelas,mengantisipasi kondisi kelas, terapkan aturan dengan tegas namun bersahabat, pastikan siswa tetap focus.3) Faktor-faktor pendukung pengelolaan kelas pada mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IX di SMP N 3 Kertek Wonosobo adalah tersedianya sarana dan prasarana.Adapun faktor-faktor penghambatnya adalah kurangnya disiplin siswa di dalam kelas dan masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al- Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Sudarso, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Surakhmad, Winaryo. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Bandung rajawali pers.
Rahmadi. 2011. Pengantar Metode penelitian Banjarmasin : Antasari Pers.
Kanti. 2023. Kepala sekolah SMP N 3 Kertek Wonosobo.
Published
2024-06-27
How to Cite
priatna rian, MuntaqoR., & munawaroh hidayatu. (2024, June 27). pengelolaan kelas pada mata PAI kelas IX Di SMP N 3 Kertek Wonosobo. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(1), 61-66. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i1.7058

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2