UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI WIRADESA PEKALONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Upaya Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa Berkebutuhan Khusus tunagrahita di SLB Negeri Wiradesa Pekalongan. 2) Mengetahui apakah ada kendala atau hambatan dalam membina akhlak siswa berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri Wiradesa Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan informasi, mendeskripsikan dan menginterpretasikan data. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan Guru PAI, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI menggunakan pendekatan personal dan individual dalam mengajarkan nilai-nilai akhlak, menyesuaikan materi dengan tingkat pemahaman siswa, serta menerapkan metode pengajaran dengan pengajaran strategi yang efektif meliputi pembinaan akhlak melalui pembiasaan, pemberian nasihat, keteladanan, dan punishment. Kendala yang dihadapi meliputi 1) Guru mengalami kesulitan karena keterbatasan yang dimiliki peserta didik. 2) Kemampuan siswa yang berbeda beda dalam menyerap dan menerapkan pembelajaran. 3) Tidak adanya bahan ajar PAI yang khusus. 4) Terbatasnya Guru PAI di SLB Negeri Wiradesa Pekalongan. Selain itu, kolaborasi antara Guru PAI dengan orang tua dan tenaga pendidik lainnya juga berperan penting dalam proses pembinaan akhlak. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan komunikasi dan variasi tingkat kemampuan siswa. Namun, upaya yang konsisten dan kreatif dari Guru PAI menunjukkan peningkatan dalam perilaku positif siswa tunagrahita.
Kata kunci: Guru, Pendidikan, Siswa Berkebutuhan Khusus.
Kata kunci: Guru, Pendidikan, Siswa Berkebutuhan Khusus.