ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUA ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN GARUNG PASAR – TPR DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA

ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN GARUNG PASAR – TPR DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA

  • Budy Agus Setiawan universitas sains alquran
  • Wiji Lestarini Universitas Sains Al-Quran

Abstract

Ruas Jalan Wonosobo - Dieng dengan total panjang ± 23 km merupakan jalur strategis pariwisata karena sebagai jalan kolektor dengan lalu lintas yang cukup padat pada hari libur / weekend. Dikarenakan kondisi jalan dan lebar existing jalan belum mencapai standar jalan provinsi serta kondisi perkerasan yang retak buaya, bergelombang, amblas dan berlubang serta sudah melebihi umur rencana, maka dengan adanya analisa kerusakan jalan terutama di Ruas Jalan Garung pasar sampai dengan TPR (Tempat Penarikan Retribusi) ± 1,20 km diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam rangka meningkatkan jalur pariwisata dan perekonomian seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan survey langsung dilapangan dengan mengamati dan menganalisa kondisi kerusakan yang ada serta mengukur tingkat kerusakan sesuai dengan petunjuk dalam penggunaan metode PCI (Pavement Condition Index) dan metode Bina Marga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerusakan pada Ruas Jalan Garung pasar – TPR dengan menggunakan metode PCI memiliki nilai 22,30 yang berarti memiliki tingkat kerusakan Sangat Buruk (VeryPoor). Dari hasil analisis dengan metode Bina Marga bahwa hasil penilaian kondisi kerusakan jalan menunjukkan angka kerusakan sebesar 25 maka nilai kondisi jalan 6. Nilai prioritas kondisi jalan pada ruas jalan tersebut adalah 3, maka perlu dimasukkan dalam program peningkatan jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Direktorat Jendral Bina Marga DPU. Manual pemeliharaan Jalan Nomor : 03/MN/B/1983.
[2] Direktorat Pembinaan Jalan Kota. (1990). Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota (No. 018/T/BNKT/1990). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta.
[3] Departemen Pekerjaan Umum. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.
[4] Departemen Pekerjaan Umum. 2007. Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Jalan. Jakarta.
[5] Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York.
[6] Sukirman, Silvia. Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung 1999.
[7] Sukirman, Silvia. 2010. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya. Bandung
[8] Saodang, Hamirhan. 2004. Konstruksi Jalan Raya (Buku I Geometrik Jalan. Bandung
[9] Wahid Hidayatulloh, 2018. “ Perbandingan Metode PCI dan Bina Marga dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Rejasa – Gripit Banjarnegara) “ Unsiq, Wonosobo
Published
2022-03-31
How to Cite
SetiawanB., & LestariniW. (2022, March 31). ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUA ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN GARUNG PASAR – TPR DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA. Teras, 12(1), 11-18. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/3113
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 259 times
PDF downloaded = 126 times