Manajemen Pelayanan Perbankan Syari’ah
Manajemen, pelayanan, perbankan syariah.
Abstract
Manajemen sebagai sebuah ilmu dan juga sebagai sebuah seni untuk menggerakkan orang lain dengan melakukan serangkaian proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan secara sistematis dan terukur dari berbagai sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan adalah satu hal yang juga harus diterapkan dalam pelayanan khususnya pelayanan perbankan syariah. Pelayanan perbankan syariah yang dimaksud adalah bagaimana setiap tingkatan manajemen baik Top Manajemen, Midle Manajemen maupun Low Manajemen mampu memahami kebutuhan semua pihak yang berkepentingan atas bidang usaha keuangannya tersebut khususnya kepada para nasabah dan calon nasabahnya sehingga kepuasan pelanggan (nasabah) dapat terjamin. Pelayanan prima atau service exelent perbankan syariah diberikan kepada para nasabah maupun calon nasabahnya oleh setiap karyawan khususnya karyawan yang langsung berhadapan dengan kebutuhan nasabah haruslah memahami berbagai halyang berhubungan dengan standard pelayanan (SP) maupun standar operasi prosedurnya (SOP), sehingga dapat meminimalisir kesalahan maupun kekecewaan para nasabah maupun calon nasabahnya terlebih dalam institusi perbankan yang berbasis syariah.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke 3, cet ke 2. Jakarta: Balai Pustaka.
Dona, Elza. 2009. Pelayanan Nasabah dengan Sistem Antrian dan Pengaruhnya terhadap Layanan Online (Pada Bank Bukopin Cabang Melawai Jakarta). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Eliyani. 2007. Teori Antrian. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Fandi Tjiptono, Gregorius Chandra. 2005. Service and Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Hab, Nining Lutfiah. 2014. Manajemen Pelayanan Berbasis SOP (Standar Operasional Prosedur) Pada Bank BNI Syariah Cabang Tangerang. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Kasmir. 2002. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mahmoedin, As. 1994. Etika Bisnis Perbankan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Muslich, M. 1993. Metode Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Suryani. Juli 2014. Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Bank Syariah. Al-Iqtishad: Vol. VI No. 2.
Tambunan, Rudi M. 2008. Standar Operating Procedures (SOP). Jakarta.