EVALUATION OF STUDENT ABILITY IN DRAWING CONCEPT MAPS: A STUDY OF CONCEPT MAP STRUCTURE AND QUALITY
DOI:
https://doi.org/10.32699/spektra.v11i1.9054Kata Kunci:
Mind Map, Concept Map, Structure Pattern, Ability, Quantitative DescriptiveAbstrak
Peta konsep adalah alat yang efektif dalam proses pembelajaran, yang memungkinkan siswa untuk mengatur dan menyusun informasi menjadi satu kesatuan yang utuh. Meskipun telah banyak penelitian tentang peta konsep sebagai alat pembelajaran, masih ada penelitian yang secara khusus menganalisis pola struktural peta konsep dan menghubungkannya dengan pemahaman konseptual atau kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam membuat peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 16 mahasiswa yang mengambil mata kuliah pendidikan sains dasar. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling, yaitu mahasiswa yang telah menerima materi kimia dasar. Peta konsep yang telah dibuat kemudian dianalisis berdasarkan pola struktur yang digunakan (hirarkis, jaringan, linier, campuran) dengan menggunakan rubrik penilaian. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk melihat sebaran pola peta konsep mahasiswa dalam bentuk rata-rata, frekuensi, persentase dan visualisasi grafik untuk setiap aspek yang diukur dalam peta konsep. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan pola hirarki (38%), diikuti dengan pola jaringan (31%), pola campuran (25%), dan pola linier (6%). Mayoritas siswa (62,5%) memiliki pemahaman dalam kategori sangat baik, 6,25% dalam kategori baik, dan 12,5% dalam kategori kurang. Tidak ada siswa yang berada dalam kategori sangat kurang.
Referensi
Andriani, A. A., Saad, R., & Sultan, A. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) pada Mata Pelajaran Fisika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2196–2203. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1832
Asriani, A., Hera, R., & Syamsu, F. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di SMA. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 35–42. https://doi.org/10.51276/edu.v1i2.35
Atapattu, T., Falkner, K., & Falkner, N. (2014). Evaluation of concept importance in concept maps mined from lecture notes: Computer vs human. In CSEDU 2014 - Proceedings of the 6th International Conference on Computer Supported Education (Vol. 1, pp. 75–84). https://doi.org/10.5220/0004842300750084
Chandra, A., Suhartono, S., & Fitriani, E. (2019). Penggunaan Peta Konsep Sebagai Instrumen Penilaian Terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PDEODE Pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jrpk.091.01
Demirci, T., & Memiş, E. K. (2021). Examining the Views of Preservice Science Teachers on Creating Concept Maps. Science Education International, 32(3), 264–272. https://doi.org/10.33828/sei.v32.i3.10
Handayani, G. (2022). Penggunaan Peta Konsep Sebagai Alat Evaluasi. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.12
Harneli, M. H., Koto, I. K., & Winarni, E. W. (2019). Penerapan Learning Cycle 5E Melalui Peta Pikir Meningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i2.10610
Helda, T., Yulianti DN, U., & Fitri, R. (2022). Pkm Sma Negeri 7 Padang Dalam Penerapan Teknik Peta Konsep Bagi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 111–116. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i1.3368
Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8091
Kinchin, I. M., Streatfield, D., & Hay, D. B. (2010). Using Concept Mapping to Enhance the Research Interview. International Journal of Qualitative Methods, 9(1), 52–68. https://doi.org/10.1177/160940691000900106
Kusuma, M. (2016). Pengembangan Perangkat Penilaian Peta Konsep Untuk Mengevaluasi Proses Berpikir Pada Topik Animalia. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 1(1). https://doi.org/10.24905/psej.v1i1.485
Lynch, N., & Mallmann-Trenn, F. (2021). Learning hierarchically-structured concepts. Neural Networks, 143, 798–817. https://doi.org/10.1016/j.neunet.2021.07.033
Mudana, I. K., Suma, K., & Widiana, I. W. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Difasilitasi Peta Konsep Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 183–197. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61028
Rizalia, S., & Munawar, M. (2021). Efektivitas Strategi Peta Konsep Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MAN IC Kendari. Shautut Tarbiyah, 27(1), 17. https://doi.org/10.31332/str.v27i1.1835
Setyaputri, D. V. A., & Destya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pernapasan Hewan Berbasis Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3775–3782. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2692
Uripah, U. (2022). Penerapan Metode Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Di Smk Negeri Tonjong. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(2), 116–122. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1158
Wangila, M. J., Aurah, C., & Wanjala, M. (2020). Effect of Software-Oriented Concept Mapping on Kenyan Students’ Achievement in Electrochemistry. International Journal of Education and Social Science Research, 03(04), 24–38. https://doi.org/10.37500/ijessr.2020.3043
Wepe, S., Suratno, S., & Wahono, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Peta Konsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal Edukasi, 3(2), 13. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3523
Yusa, I. M. D. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dengan Penilaian Peta Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Dasar dan Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 7(3), 358–367. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.64698
Zimmerman, R., Maker, C. J., Gomez-Arizaga, M. P., & Pease, R. (2011). The Use of Concept Maps in Facilitating Problem Solving in Earth Science. Gifted Education International, 27(3), 274–287. https://doi.org/10.1177/026142941102700305
