ANALYSIS AND RECONSTRUCTION OF THE PRACTICUM WORKSHEET 'THE EFFECT OF TEMPERATURE ON CATALASE ENZYME ACTIVITY

Penulis

  • Anggia Fitri Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suhara Suhara
  • Bambang Supriatno
  • Amprasto Amprasto

DOI:

https://doi.org/10.32699/spektra.v10i2.7787

Kata Kunci:

Analisis, Rekonstruksi, Lembar Kerja Praktikum, Enzim Katalase

Abstrak

Praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Kegiatan praktikum sangat penting untuk dipelajari, termasuk dalam pembelajaran biologi. Salah satu konsep dalam mata pelajaran biologi yang dapat dipraktikumkan adalah konsep terkait kerja enzim katalase. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lembar kerja praktikum enzim katalase, khususnya praktikum pengaruh suhu terhadap kerja enzim katalase. Analisis dilakukan menggunakan diagram vee Novak & Gowin yang meliputi focus question, object/event, theory/concept, record/transformation, dan knowledge claim. Rekonstruksi prosedur praktikum dilakukan agar kegiatan praktikum sesuai dengan konsep dasar yang dipelajari, sehingga siswa mampu mengaitkan hubungan antara prosedur praktikum dan konsep yang mendasarinya serta mampu menganalisis dan membangun pengetahuannya mengenai pengaruh suhu terhadap kerja enzim katalase.

Referensi

Agustina, P., Saputra, A., & Khotimah, E. V. A. K. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari Kualitas Laboratorium , Pengelolaan , dan Pelaksanaan Praktikum Evaluation of the Implementation of Biology Practicum in Public High School in Klaten in terms of Laboratory. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 105–110. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/36148

Anggraini, A. (2016). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Pada Materi Jamur Dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (Studi Kasus Di Kelas X.3 Sma Muhammadiyah 1 Metrotahun Pelajaran (2013/2014). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 73–80. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.494

Atmanegara, F. D. S., Putri, R. R. M., & Sutrisno. (2017). Implementasi Metode Profile Matching untuk Seleksi Penerimaan Anggota Asisten Praktikum ( Studi Kasus : Laboratorium Pembelajaran Kelompok Praktikum Basis Data FILKOM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(12), 1804–1812.

Deratama, D., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Pada Praktikum Uji Enzim Katalase. Biodik, 6(3), 302–311. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9513

Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangkaraya. Edu-Sains, 2, 13–26. https://dx.doi.org/10.23971/eds.v2i1.16

Hadiati, S., Anita, A., & Pramuda, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Pada Asisten Praktikum Laboratorium Fisika. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(2), 35–39. https://doi.org/10.37729/radiasi.v13i2.263

Hindriana, A. F. (2016). The Development of Biology Practicum Learning Based on Vee Diagram for Reducing Student Cognitive Load. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 1(2), 61. https://doi.org/10.26737/jetl.v1i2.39

Inayah, G. N., Rahamadayanti, A., Argiyanti, A., Sukma, R. I., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Alternatif Kegiatan Praktikum Tingkat SMA: Pengaruh pH terhadap Hasil Kerja Katalase Menggunakan Respirometer Ganong. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5432–5444. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3289

Jumrodah, J., Meiana, N. A., Ashari, R., Awaluddin, A. M., Ajiza, P. D., Alia, R., Maharani, S. P., Karlina, S., & Anwar, M. S. (2023). Analisis Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Di SMA. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 92–104. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.5987

Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537

Lafenasti, F. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum Fisika Di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Repository Universitas Jambi.

Lestari, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Konseptual, Praktikal, Konstruksi Pengetahuan dan Rekonstruksi Lembar Kerja Praktikum Enzim Katalase. Biodik, 6(4), 476–491. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9548

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning How To Learn. Cambridge University Press. www.cambridge.org/9780521265072

Oktavia, I. P., Subchan, W., & Hariani, S. A. (2012). Hubungan Tingkat Intensitas dan Kualitas Kegiatan Praktikum di Laboratorium Biologi dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo. Artikel Ilmiah Mahasisa, 2, 1–5. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63352/INGE PURWATI OKTAVIA.pdf;sequence=1

Putri, M. D., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Kegiatan Praktikum Biologi SMA Materi Sistem Pernapasan Manusia. Biodik, 6(3), 290–301. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9454

Rahmah, N., Iswadi, I., Asiah, A., Hasanuddin, H., & Syafrianti, D. (2021). Analisis Kendala Praktikum Biologi di Sekolah Menengah Atas. Biodik, 7(2), 169–178. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12777

Rahman, D., Adlim, & Mustanir. (2015). Analisis Kendala dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. 03(02), 1–13.

Sanjaya, M. E., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2015). The Evaluation Instrument Development of Catalase Enzyme Experiment Test in Senior High School of Titian Teras Muaro Jambi. Edu-Sains, 4(2).

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

ANALYSIS AND RECONSTRUCTION OF THE PRACTICUM WORKSHEET ’THE EFFECT OF TEMPERATURE ON CATALASE ENZYME ACTIVITY. (2024). SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 10(2), 226-235. https://doi.org/10.32699/spektra.v10i2.7787