Inovasi Pelayanan Publik dan Transformasi Birokrasi

Pendekatan Administrasi Publik dalam Meningkatkan Good Governance

  • Hamdun Hamdillah Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri Sukabumi
Keywords:
administrasi publik, good governance, pelayanan publik, transformasi birokrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana inovasi pelayanan publik berperan dalam mendukung good governance serta transformasi birokrasi. Dengan pendekatan administrasi publik, penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pengumpulan informasi terkait penerapan inovasi pelayanan, pembudayaan inovasi di sektor publik, dan dampaknya terhadap kinerja organisasi. Hasil temuan penelitian ini mengungkapkan urgensi penerapan budaya inovatif dalam pelayanan publik sebagai langkah awal dalam mencapai good governance. Inovasi dalam pelayanan publik mendorong transformasi birokrasi, memfasilitasi koordinasi antara pemerintah dan masyarakat, serta mengurangi tumpang tindih kebijakan. Melalui inovasi, sektor publik dapat meningkatkan kinerjanya dan merespons perubahan dalam kebutuhan masyarakat dengan lebih efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya inovasi pelayanan publik sebagai instrumen untuk mencapai tujuan good governance dan transformasi birokrasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15
How to Cite
HamdillahH. (2023, December 15). Inovasi Pelayanan Publik dan Transformasi Birokrasi. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 6(2), 91-102. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/resolusi.v6i2.5672
Section
Article

STATISTICS

Abstract viewed = 416 times
PDF downloaded = 325 times