Inovasi Pelayanan Publik dan Transformasi Birokrasi
Pendekatan Administrasi Publik dalam Meningkatkan Good Governance
administrasi publik, good governance, pelayanan publik, transformasi birokrasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana inovasi pelayanan publik berperan dalam mendukung good governance serta transformasi birokrasi. Dengan pendekatan administrasi publik, penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pengumpulan informasi terkait penerapan inovasi pelayanan, pembudayaan inovasi di sektor publik, dan dampaknya terhadap kinerja organisasi. Hasil temuan penelitian ini mengungkapkan urgensi penerapan budaya inovatif dalam pelayanan publik sebagai langkah awal dalam mencapai good governance. Inovasi dalam pelayanan publik mendorong transformasi birokrasi, memfasilitasi koordinasi antara pemerintah dan masyarakat, serta mengurangi tumpang tindih kebijakan. Melalui inovasi, sektor publik dapat meningkatkan kinerjanya dan merespons perubahan dalam kebutuhan masyarakat dengan lebih efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya inovasi pelayanan publik sebagai instrumen untuk mencapai tujuan good governance dan transformasi birokrasi.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
By submitting a manuscript, the authors understand that if accepted for publication, the authors hold and retain their article’s copyright. The copyright is without any restriction.
As the publisher of Resolusi: Jurnal Sosial Politik, the Department of Political Science - Universitas Sains Al-Qur'an attempts its best to facilitate everyone who wish to publish their article by ensuring that every article meets academic rules and ethics.